Dari Facebook Ads, Samsung Menghasilkan Penjualan $129 juta

Darimana Facebook mengambil keuntungan mereka apabila kita dapat menikmatinya secara gratis, cepat, dan mudah? Tentu saja iklan jawabannya. Lalu apakah iklan di Facebook atau Facebook ads benar-benar berguna bagi sebuah usaha dalam meningkatkan penjualan? Samsung tahu jawabannya!

Dikutip dari cnet, Head of Global Marketing Facebook, Carolyn Everson mengatakan:

The biggest myth is that Facebook ads don’t work.

Mitos terbesar adalah iklan Facebook tidak berguna.

Ia mengulangi komentar Mark Zuckerberg pada bisnis iklan Facebook. Dan nampaknya keberhasilan Samsung dalam menjalankan kampanye iklannya di Facebook diikuti dengan semakin meningkatnya harga saham Facebook.

Carolyn Everson melanjutkan:

If you look at time spent on mobile devices -we have 600 million of a billion users on mobile- from pure budget allocation, the money is going to shift.

Jika Anda melihat waktu yang dihabiskan untuk perangkat mobile -kita memiliki 600 juta dari satu miliar pengguna pada ponsel- dari alokasi anggaran murni, uang itu akan bergeser.

Namun, penggunaan uang untuk iklan di mobile masih sangat minim, dan sebagian besar pendapatan Facebook masih berasal dari penggunaan web. Iklan mobile hanya sekitar 1% dari belanja iklan secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan data, Everson bekerjasama dengan Datalogix, untuk mengukur seberapa sering dan efektif para pengguna Facebook melihat produk yang diiklankan di website tersebut dan melakukan pembelian. Dan hasilnya, data menunjukkan ada 3 sampai 5 kali pengembalian dari hasil iklan Facebook.

Sebuah kampanye iklan terakhir Samsung adalah Samsung Galaxy SIII dan hasil penjualan yang dihasilkan oleh kampanye iklan ini jauh lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan untuk iklan. Kampanye iklan selama 3 minggu Samsung menghasilkan:

  • 105 juta unique visitors,
  • Penjualan $129 juta,
  • 13 kali lipat hasil yang didapat daripada biaya kampanye iklan sebesar $10 juta,
  • Samsung Facebook page mendapat lebih dari 20 juta like.

WOW! Rasanya mitos Facebook Ads tidak berguna sudah dipecahkan oleh Samsung!

Tetapi menghabiskan uang untuk mengiklankan di dunia maya masih lebih jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan uang yang dihabiskan untuk mengiklankan di TV. Shiv Singh, Global Head of Digital for PepsiCo Beverages, mengatakan:

The most effective use is of different platforms and channels together. Facebook doesn’t compete with Twitter or TV -they feed each other.

Penggunaan yang paling efektif adalah platform dan channel yang berbeda-beda secara bersamaan. Facebook tidak bersaing dengan Twitter atau TV -mereka saling melengkapi.

Pernyataan yang menarik dari Shiv Singh yang mungkin bisa jadi membuka mata sebagian besar orang yang memprediksi periklanan di dunia televisi tidak lama lagi akan mati. Ternyata dari sisi bisnis dan para marketer sendiri, mereka menggangap bahwa kedua hal ini, mengiklankan di dunia maya dan di dunia nyata, harus dilakukan keduanya untuk saling melengkapi.

Bagaimana, Anda tertarik mencoba mengiklankan usaha Anda di Facebook? Samsung sudah membuktikannya.

 

Sumber gambar: blogs.ft.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.