Twitter: Anda Bisa Mendownload Semua Tweet Anda Sebelum 2013

Dick Costolo

Berapa total jumlah tweet yang pernah Anda buat di Twitter? Terkadang jika Anda ingin melihat tweet-tweet Anda dimasa lampau, Anda mungkin mengalami sedikit kesulitan harus melakukan scrolling terus menerus. Kabar gembira untuk Anda, CEO Twitter mengatakan Anda akan bisa mendownload archive tweet Anda sebelum tahun 2013.

Secara normalnya jika Anda sudah memiliki ribuan tweet, maka Anda hanya akan bisa melihat 3200 tweet terakhir Anda, itu juga harus Anda lakukan dengan sedikit usaha, berbeda dengan Facebook timeline. Melewati angka tersebut, tweet Anda tidak dapat ditampilkan lagi.

CEO Twitter, Dick Costolo, yang baru-baru ini berkunjung ke University of Michigan. Costolo memang mengakui bahwa janji yang ia buat untuk memungkinkan para pengguna men-download tweet September lalu, membuat para engineer Twitter sangat resah dan marah. Karena nampaknya para engineer Twitter tidak begitu menyukai deadline.

Dikutip dari TechCrunch, Dick mengatakan:

By the end of the year I’ve already promised this, so the engineers -when I promised it publicly they’re already mad at me so they can keep being mad at me.

Pada akhir tahun saya sudah berjanji mengenai hal ini, sehingga para insinyur -ketika saya berjanji secara terbuka mereka sudah marah padaku sehingga mereka dapat tetap menjadi marah padaku.

Ia menambahkan:

Now, again, once again, I caveat this with the engineers who are are actually doing the work don’t necessarily agree that they’ll be done by the end of the year, but we just keep having that argument and we’ll see where we end up year-end.

Sekarang, lagi, sekali lagi, saya peringatan ini dengan para insinyur yang benar-benar melakukan pekerjaan tidak harus setuju bahwa mereka akan selesai pada akhir tahun ini, tetapi kami terus memiliki argumen itu dan kita akan melihat di mana kita berakhir akhir tahun.

Tetapi para engineer Twitter adalah orang-orang hebat hebat, sampai-sampai Apple disarankan untuk membeli Twitter, Twitter tahu caranya bagaimana menangani milyaran tweet yang masuk setiap hari tanpa membuat sistem melambat. Saat ini Twitter tengah menangani 1 milyar tweet setiap 2,5 hari yang artinya lebih dari 15 ribu tweet masuk setiap detiknya.

Jadi, kita harap saja para engineer Twitter mampu mengerjakan hal ini dan siap di-publish sebelum tahun 2013 supaya kita bisa bernostalgia ke masa lalu kita, mirip seperti nostalgia di Facebook timeline tetapi tentunya dengan konsep yang berbeda jauh.

 

Sumber gambar: annarbor.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.