Rafael Benitez Membuat Aplikasi iPad Untuk Para Manajer Klub Sepakbola

Rafael Benitez Globall Coach App #1

Rafael Benitez, manajer baru Chelsea yang baru saja menggantikan posisi Roberto Di Matteo, sadar bahwa teknologi dapat membantunya dalam melatih salah satu klub yang paling sering gonta-ganti manajer ini. Ia membuat sebuah aplikasi yang menunjang profesinya sebagai manajer klub sepakbola.

Rafael Benitez mengembangkan sendiri aplikasi ini dan aplikasi ini dapat digunakan untuk:

  • mencari pemain-pemain potensial,
  • membantu pelatih memilih,
  • mengatur skuad,
  • membuat latihan,
  • menyusun formasi serta posisi,
  • membuat analisis pertandingan.

Wah dengan aplikasi ini tentunya tugas sang manajer akan sangat terbantu hanya dengan menggunakan iPad.

Dikutip dari Pocket Lint, mantan manajer Liverpool, Valencia, dan Inter Milan ini bersama dengan beberapa pelatih-pelatih hebat lainnya bekerja sama mengembangkan aplikasi dengan nama Globall Coach Lite, yang bisa digunakan oleh siapa aja dengan harga £4.99 atau sekitar Rp 77.000 (dengan asumsi £1 = Rp 15.000).

Benitez menjelaskan:

When I was a young coach, I had two VHS video players and I was using both to prepare my case for my players. I would spend maybe five hours in the morning to prepare clips. With this technology you can do things [snaps fingers] like that.

Ketika saya baru menjadi pelatih, saya menggunakan video pemain dan kadang membutuhkan waktu yang lama untuk mempersiapkannya. Namun dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan hal-hal seperti itu semudah menjetikkan jari.

Kemudian ia menambahkan:

We’ve created three versions. The first was the Premier version for professional coaches and academies. Afterwards, we thought that maybe the young coaches would not have the money to access this technology, so we did the Lite version. They can test the program.

Kami telah membuat tiga versi. Yang pertama adalah versi Premier untuk pelatih profesional dan akademi. Setelah itu, kami berpikir bahwa mungkin pelatih muda tidak akan punya uang untuk mengakses teknologi ini, jadi kami melakukan versi Lite. Mereka dapat mencoba program.

Ini adalah sebuah solusi baru bagi para manajer klub-klub sepakbola dalam meracik strategi, bagi para pemandu bakat dalam mencari talenta-talenta baru, dan banyak profesi-profesi lainnya yang berhubungan dengan pelatihan sepakbola. Dan ini bisa menggantikan kertas dan pulpen yang digunakan para manajer di pinggir lapangan saat pertandingan berlangsung di lapangan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah para manajer klub sepakbola di Indonesia juga akan terbantu dengan aplikasi ini?

Mungkin seseorang harus segera memberikan Nil Maizar iPad dan aplikasi ini, serta mengajarkan cara menggunakannya agar tim Indonesia bisa menjuarai Piala AFF 2012?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.