LG: Nexus 4 Adalah Optimus G Tanpa LTE

LG Optimus G

Setelah terungkap bahwa Nexus 4 memiliki chip prosesor untuk menjalankan koneksi 4G LTE. Banyak orang-orang yang tinggal di daerah yang sudah ada 4G LTE mulai berharap dan berpikir kembali untuk membeli gadget ini.

Harapan orang-orang muncul ketika LG bisa menjalankan 4G LTE, yang perlu dilakukan oleh LG dan Google kepada Nexus 4-nya adalah cukup men-update firmware gadget ini, agar bisa lebih lacnar menjalankan 4G LTE. Tetapi LG mengeluarkan pernyataan bahwa mereka nampaknya tidak akan melakukan hal tersebut.

Dikutip dari Tech Radar, juru bicara LG mengatakan:

In order to provide the best possible specification for Nexus 4, LG utilised the same powerful Qualcomm Snapdragon chipset as can be found in its 4G LTE product, namely LG Optimus G.

Dalam rangka memberikan spesifikasi terbaik untuk Nexus 4, LG memanfaatkan kekuatan yang sama Qualcomm Snapdragon chipset seperti yang dapat ditemukan dalam produknya 4G LTE, yaitu LG Optimus G.

Ia melanjutkan:

The modem contains 4G LTE capabilities but is only effective when combined with other essential hardware parts such as a signal amplifier and filter in order for it to work. It therefore cannot be upgraded to 4G LTE capability through software.

Modem 4G mengandung kemampuan LTE, tetapi hanya efektif bila dikombinasikan dengan beberapa bagian perangkat keras penting seperti penguat sinyal dan filter agar ia bisa bekerja. Karena itu tidak dapat ditingkatkan dengan kemampuan 4G LTE melalui perangkat lunak.

Hal ini sama seperti dugaan sebelumnya, yang mana koneksi 4G LTE tidak dapat dijalankan tanpa adanya beberapa perangkat keras pendukung lainnya. Tetapi sebuah percobaan dilakukan terhadap Nexus 4 ternyata bisa menjalankan koneksi 4G LTE.

Ini bisa menjadi kekecewaan bagi mereka yang mengharapkan update firmware untuk mendukung konektivitas 4G LTE pada Nexus 4 di daerah tempat tinggal mereka. Tetapi inilah salah satu penyebab mengapa harga Nexus 4 menjadi jauh lebih murah dibandingkan dengan smartphone-smartphone yang setara dengannya, padahal gadget ini memiliki spesifikasi yang tinggi.

Sebagai penutup, sang juru bicara menambahkan:

With the inclusion of the Qualcomm Snapdragon chipset, Nexus 4 therefore offers the same amazing processing performance as LG Optimus G but for the 3G market.

Dengan dimasukkannya chipset Qualcomm Snapdragon, Nexus 4 menawarkan kinerja pengolahan yang sama menakjubkan sama seperti LG Optimus G tetapi untuk pasar 3G.

Kesimpulannya Nexus 4 sama dengan LG Optimus G, hanya saja tidak memiliki LTE dan Nexus 4 sistem operasinya dipegang sendiri oleh Google. Jadi bagi Anda yang bingung mau membeli Nexus 4 atau LG Optimus G, jika daerah tempat tinggal dan lingkungan Anda belum ada koneksi 4G LTE, buat apa membeli LG Optimus G?

 

Sumber gambar: lg.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.