Ini Dia Filosofi Apple Retail Store

Apple Retail Store

Apple retail store adalah sebuah fenomena dan inovasi baru dalam dunia retail. Tahukah Anda filosofi Apple retail store bentuk desain, pemilihan lokasi, dan lain sebagainya.

Dikutip dari 9to5Mac, Washington Square Films mempunyai sebuah video dokumentasi internal yang nampak seperti iklan yang siap ditayangkan di televisi atau di website. Pada waktu itu, Ron Johnson masih menjabat sebagai Senior Vice President Apple Retail, yang mana saat ini ia telah meninggalkan jabatan tersebut dan meninggalkan Apple.

Ron Johnson dan Bob Bridge menjelaskan secara mendalam mengenai filosofi yang dianut Apple dalam membuat sebuah retail store di sebuah kota atau daerah. Hal-hal yang dipertimbangkan adalah mulai dari lokasi yang sangat strategis (layaknya 7 eleven di Jakarta), desain arsitektur dari retail store, termasuk penyesuaian dengan sejarah tempat toko itu berada, sampai dengan pengalaman orang-orang yang masuk ke dalam retail store ini.

Video ini awalnya menyebar luas di YouTube, kemudian Apple meminta YouTube untuk menghapus video tersebut. Apabila sudah menyebar luas di YouTube jelas hanya masalah waktu video ini akan kembali menyebar luas di internet.

Penasaran? Langsung saja simak video berikut ini.

Ron Johnson telah meninggalkan jabatan tersebut dan Apple, kemudian digantikan oleh John Brewet. Tetapi John pada akhirnya baru-baru ini ‘dipecat’ bersama Scott Forstall dari Apple.

Bagaimana menurut Anda mengenai filosofi Apple retail store ini?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.