DuckDuckGo : Search Engine Saingan Google

duckduckgo search engine

Search engine paling populer sekarang ini adalah Google. Kebanyakan orang sudah terbiasa dengan Google saat ingin mencari tahu tentang ‘apapun’ . Ada yang menyukai konsep Google dan ada yang tidak. Bagi yang merasa tidak nyaman dengan Google, ada pilihan alternatif search engine untuk kalian, yaitu DuckDuckGo.

DuckDuckGo [Link] adalah search engine berbasis internet yang ditemukan oleh Gabriel Weinberg, seorang entrepreneur yang sudah dirilis tahun 2008 lalu. Awalnya, jumlah pencarian yang ada di DuckDuckGo masih sangat sedikit, sekitar 20.000 pencarian. Sampai awal tahun 2012 ini, jumlah pencarian di DuckDuckGo semakin meningkat, hingga menembus 1 juta pencarian.

Dengan mengusung 3 keunggulan, yaitu “Best Instant Answer , Less Spam & Clutter , Real Privacy“, DuckDuckGo nampaknya berhasil menjaring pengguna sebanyak mungkin untuk melakukan searching. Jawaban yang dicari akan muncul dengan cepat dan tepat di bagian atas, hasil pencarian akan lebih sedikit menuju ke website spam , dan lebih mendukung privasi pengguna.

Selain itu, dengan DuckDuckGo, hasil pencarian bisa langsung menuju ke website yang kita cari. Misalnya, ingin mencari ‘techrity’ di Facebook, maka tulis “techrity !facebook“. Hasil pencarian akan langsung tertuju ke website Facebook. Fitur ini disebut !bang. Situs ini juga memiliki fasilitas setting warna dan tampilan halaman pencarian DuckDuckGo. Lebih rapi juga karena tidak ada ‘next page‘ , tinggal scroll down ke bawah, maka hasil pencarian berikutnya akan tampil. Pilihan alternatif lain yang patut dicoba selain Google.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.