Romo Si Robot Smartphone

Romo 001

Apa yang biasa Anda lakukan dengan smartphone Anda? Bermain game? Navigator di saat tersasar? Romotive, sebuah perusahaan kecil yang hanya berisi belasan orang dapat menyulap smartphone Anda menjadi sebuah robot peliharaan super imut!

Romo adalah nama robot yang dibuat oleh Romotive, robot itu lahir dari sebuah proyek kickstarter yang telah berhasil melewati tahapĀ funding. Prinsip kerja Romo sebenarnya cukup sederhana. Romo adalah sebuah robot kecil yang berbentuk roda mirip seperti roda tank, dan di tengah-tengahnya terdapat dock untuk menaruh smartphone Anda. Anda tinggal memasang smartphone Anda di dock tersebut, dan smartphone Anda pun akan menjadi “otak” bagi robot ini. Untuk saat ini Romo baru mendukung iPhone dan iPod Touch.

Jadi, apa saja yang bisa dilakukan oleh Romo?

Berdasarkan video yang mereka buat, Romo dapat menjadi semacam peliharaan bagi Anda. Romo memiliki tampilan muka yang sangat imut dan memiliki emosi serta mood, dan dapat berkeliling rumah seperti layaknya anjing atau kucing. Dan dengan mempergunakan kamera depan di smartphone yang ada, Romo dapat menangkap gambar dan mengirimkannya kepada Anda. Romo dapat dikendalikan oleh Anda sendiri dengan menggunakan perangkat iOS lain maupun komputer berbasis Macintosh.

Karena proyek ini telah melewati tahap funding, maka bagi Anda yang berminat dapat langsung mengunjungi website mereka di sini dan langsung memesan robot yang dibanderol seharga $199 tersebut ($149 apabila Anda berada diĀ Amerika Serikat). Romotive menjanjikan bahwa Romo akan mulai dikirim kepada para pemesan mulai Maret 2013.

Untuk melihat penjelasan tentang Romo langsung dari para co-founder Romotive, silakan simak video di bawah ini.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.