Google Akan Memproduksi Chromebook Mereka Sendiri?

Samsung Chromebook

Chromebook adalah sebutan untuk laptop yang menjalankan sistem operasi Chrome OS milik Google. Biasanya berharga cukup miring, laptop jenis ini memiliki spesifikasi yang tidak terlalu wah dan hanya dapat digunakan untuk menjelajah internet dengan menggunakan Browser Chrome. Kalau biasanya Chromebook dibuat oleh vendor-vendor seperti Samsung, ada berita kalau Google berencana membuat Chromebook atas nama mereka sendiri!

Berbeda dengan Nexus di mana Google mengontrol software sedangkan vendor seperti Samsung dan LG mengontrol hardware, kali ini Google benar-benar membuat hardware mereka sendiri, dengan bantuan perusahaan Taiwan bernama Compal, yang akan membantu Google memproduksi Chromebook mereka.

Langkah ini bisa jadi akan membuat Chromebook memiliki harga yang semakin miring. Sebetulnya Chromebook Samsung yang diluncurkan beberapa minggu yang lalu pun terbilang memiliki harga yang cukup miring, tetapi tampaknya Google masih belum puas dan kemudian membuat sendiri hardware mereka supaya harga jual Chromebook mereka dapat semakin ditekan karena tidak perlu membayar ke vendor.

Hal tersebut juga akan membuat Google menjadi mirip dengan Apple yang selama ini memproduksi hardware mereka, dan juga Microsoft yang sudah mulai terjun ke hal yang sama dengan tablet Surface mereka.

Kira-kira apabila ini benar terjadi, laptop seperti apa yang akan diperkenalkan oleh Google? Dan bisa semiring apakah harganya?

 

Referensi: China Times

Sumber gambar: endgadget.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.