Robot Disney yang Pandai Menangkap Bola

Disney Robot

Robot seperti apa yang biasa Anda temukan di taman hiburan? Robot yang melambai-lambaikan tangan ke para pengunjung? Nah, Disney sedang mengembangkan yang jauh lebih keren dari itu: robot yang bisa main lempar tangkap bola dengan pengunjung!

Robot ini masih dalam tahap pengembangan oleh departemen riset Disney di Pittsburgh. Menggunakan kamera ASUS Xtion PRO LIVE untuk melihat posisi bola dan Kalman filter untuk memperkirakan arah dan waktu kedatangan bola, robot humanoid ini kemudian menyesuaikan tangannya dan menangkap bola yang datang.

Setelah berhasil menangkap bola, robot ini kemudian akan melemparkannya kembali sejauh dua setengah meter ke arah partisipan yang memberikan bola tersebut, tentunya dengan bentuk lemparan yang mudah ditangkap oleh si partisipan.

Walaupun canggih, robot ini terkadang masih bisa gagal juga. Apabila terjadi kegagalan, maka robot ini akan melakukan gerakan-gerakan yang menggambarkan bahwa ia “malu” karena tidak dapat menangkapnya.

Selain menangkap bola, robot ini juga dapat melakukan juggling dengan menggunakan tiga buah bola bersama seorang partisipan.

Apabila robot ini diimplementasikan di taman hiburan tentunya akan menjadi atraksi yang menarik dan menyenangkan untuk anak-anak Anda!

Untuk melihat aksi robot tersebut, silakan tonton video di bawah ini.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.