Nexus 4 Bisa Menjalankan Koneksi 4G LTE

Nexus 4

Anda mungkin masih ingat saat Nexus 4 dibongkar oleh iFixit, ternyata di dalamnya terdapat chip 4G LTE yang belum diketahui kegunaannya. Kali ini terjawab sudah, Nexus 4 bisa menjalankan koneksi LTE!

Saat hasil pembongkaran Nexus 4 oleh iFixit, banyak orang bertanya-tanya apa guna chip 4G LTE di dalam Nexus 4 jika Nexus 4 hanya mendukung koneksi HSPA+? Karena di dalam Nexus 4 hanya terdapat chipnya saya, sedangkan untuk mendukung 4G LTE, masih diperlukan beberapa perangkat pendukung lainnya seperti antena 4G, atau sebuah power amplifier.

Percobaan dilakukan oleh TEK.GADG, Nexus 4 ternyata bisa “dipaksa” untuk menjalankan koneksi LTE. Jadi bagi Anda yang tinggal di daerah yang sudah banyak didukung oleh LTE, rasanya Anda tidak perlu ragu lagi untuk membeli Nexus 4.

LTE dicoba di Kanada pada LTE band 4 (1700MHz dan 2100MHz) melalui operator di Kanada yaitu Telus dan Rogers. Untuk lebih jelasnya simak video berikut ini.

Terlihat jelas bahwa dengan menggunakan jaringan LTE hasil speed test download dan upload adalah 16 Mbps dan 15 Mbps. Sedangkan dengan menggunakan jaringan WCDMA (HSPA) hasil speed test download dan upload adalah 10 Mbps dan 2,7 Mbps. Lumayan berbeda jauh.

Kita sebagai warga negara Indonesia yang baik sebaiknya tidak iri ketika melihat hasil speed test ini. Karena jaringan internet di Indonesia…..

Oke kembali ke topik, jadi kesimpulannya Nexus 4 bisa menjalankan koneksi 4G LTE. Tetapi perlu Anda ingat bahwa LTE di tiap-tiap negara adalah berbeda. Lebih jelasnya Anda bisa lihat disini.

Jadi sekarang kita sudah tahu apa kegunaan dari chip 4G LTE yang ada di dalam Nexus 4. Meskipun di Indonesia sendiri memang koneksi LTE belum ada. Bagi Anda yang sudah tidak sabar menunggu kedatangan LG Nexus 4 masuk ke Indonesia, Anda harus menunggu sampai bulan desember.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.