Mampukah Galaxy Note 2 Menggantikan PC?

Galaxy Note 2-PC

Beberapa tahun terakhir ini memang spesifikasi smartphone dan tablet meningkat sangat pesat. Bahkan spesifikasi smartphone papan atas tahun 2012 bisa dibilang lebih tinggi daripada spesifikasi komputer desktop tahun 2000-an awal. Nah, kira-kira apakah smartphone andalan Samsung, Galaxy Note 2 bisa menggantikan PC Anda?

Seorang YouTuber, coldfustion, mencoba mengoprek Galaxy Note 2 miliknya dan menyambungkannya dengan monitor Samsung 29 inci. Selanjutnya ia menggunakan Magic Mouse dan Wireless Keyboard dari Apple dan menyambungkannya ke Galaxy Note 2 tersebut dengan menggunakan Bluetooth. Untuk speaker, ia menyambungkan Galaxy Note 2 dengan speaker 5.1 miliknya via kabel headset 3,5 mm.

Di dalam video yang saya taruh di bagian bawah artikel ini tampak jelas bahwa antarmuka pengguna yang tampak di layar HD 29 inci tersebut sangatlah halus, hampir tidak ada lag ataupun animasi patah-patah. Dan berkat prosesor Galaxy Note 2 yang memiliki performa sangat tinggi, multitasking juga dapat berjalan dengan lancar, begitu juga fitur multiple windows. Contohnya adalah di video tersebut coldfustion mencoba menjelajah web dengan menggunakan web browser sambil menggunakan Skype, dan ternyata Galaxy Note 2 sanggup melakukannya!

Dengan menggunakan konfigurasi tersebut, Galaxy Note 2 sangat cocok digunakan bagi Anda yang senang menjelajah web, streaming video, membalas email, atau bahkan menulis artikel!

Bahkan saat kondisi prosesor dari Galaxy Note 2 ini dilihat dengan menggunakan sebuah aplikasi, tenaga yang digunakan hanya sedikit di bawah 50% kekuatan prosesor tersebut. Prosesor tersebut baru akan melambat apabila pengguna membuka beberapa video dan membuka beberapa web browser secara bersamaan.

Selain bisa digunakan untuk serius, Galaxy Note 2 yang terhubung ke layar 29 inci juga dapat digunakan untuk bersenang-senang, contohnya untuk bermain game. Di video ini coldfustion mencoba memainkan beberapa game, dan hasilnya ternyata sangat memuaskan. Bahkan grafik game yang dihasilkan di perangkat sekecil Galaxy Note 2 ini bisa disetarakan dengan grafik yang dihasilkan oleh PlayStation 2, walaupun masih berada di bawah PlayStation 3.

Untuk controller game sendiri, pengguna dapat menyambungkan controller wireless milik PlayStation 3, dengan catatan Galaxy Note 2 yang digunakan sudah dalam keadaan rooted.

Di akhir video, condfustion juga menunjukkan opsi lain yaitu menggunakan Galaxy Note 2 sebagai PC tetapi tanpa menggunakan layar eksternal, melainkan mendudukkan Galaxy Note 2 di atas meja, dan menyambungkannya dengan Magic Mouse dan Wireless Keyboard keluaran Apple. Nah, dengan menggunakan konfigurasi ini pengguna dapat memasang sebuah micro USB to USB adaptor di Galaxy Note 2 tersebut. Setelah itu pengguna dapat memasang flashdisk di slot USB yang tersedia, dan Galaxy Note 2 pun dapat membaca konten yang ada di dalam flashdisk tersebut!

Jadi, apakah Galaxy Note 2 mampu menggantikan PC? Ya dan tidak. Galaxy Note 2 dapat menggantikan PC apabila Anda adalah seorang casual user, alias hanya menggunakan PC sebagai perangkat untuk membuat artikel, menjelajah internet, streaming video, dan lain-lain. Tetapi apabila Anda membutuhkan perangkat yang sanggup memainkan game kelas berat atau aplikasi-aplikasi lain yang membutuhkan processing power yang tinggi, Anda nampaknya masih membutuhkan PC.

Bagaimana para pengguna Galaxy Note 2, tertarik mencoba?

Mari simak video lengkapnya di bawah ini:

 

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.