Google Meluncurkan Google Maps Street View di Indonesia

Google Street View Car

Street View adalah sebuah fitur di dalam Google Maps yang memungkinkan pengguna melihat pencitraan 360 derajat di 40 negara di berbagai belahan dunia. Nah, pada hari ini Google meluncurkan mobil Street View di Jakarta. Mobil tersebut akan memutari Indonesia khususnya kota-kota besar seperti Jakarta.

Street View ini mengumpulkan data dengan menggunakan mobil maupun sepeda yang dilengkapi dengan sebuah kamera khusus di atasnya. Kamera tersebut akan mengambil gambar setiap beberapa meter, dan gambar tersebut akan dikirimkan ke server Google dan disimpan berdasarkan koordinat lokasi di mana foto tersebut diambil. Setelah diolah dengan teknik tertentu, foto tersebut pun dimasukkan ke aplikasi Google Maps, kemudian seluruh orang di dunia pun dapat mengaksesnya!

Hari ini, di tengah-tengah berlangsungnya Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012 di Epicentrum Walk Kuningan, Jakarta, Google Inc. dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan mobil tersebut sebagai salah satu inisiatif promosi pariwisata baru. Beberapa fakta dan tren yang terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini menggambarkan pentingnya peran teknologi dalam pengembangan pariwisata maupun ekonomi kreatif. Fakta tersebut menunjukkan bahwa perilaku masyarakat Indonesia, terutama kaum muda, sudah berubah di mana akses terhadap informasi dan bahkan untuk mengambil keputusan jual beli, menggunakan teknologi komunikasi dan informasi terkini.

Menurut catatan Google, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 20% dan semakin meningkat terutama di pengguna usia 10-19 tahun. Selain pengguna internet yang aktif, masyarakat Indonesia, terutama kaum muda, juga dikenal sebagai pengguna media sosial yang sangat aktif, lebih tinggi dari rata-rata dunia.

Banyak dari pengguna internet di Indonesia juga menggunakan internet sebagai media untuk mencari informasi perjalanan dan rekreasi (travel and leisure), bahkan diperkirakan 50% dari mereka melakukan pemesanan perjalanan dan penginapan melalui internet. Maka dari itu Google pun menganggap penting untuk mengimplementasikan Street View di Indonesia untuk mendorong perkembangan pariwisata di Indonesia.

“Teknologi berperan penting untuk memajukan sektor pariwisata Indonesia dan internet telah membuka peluang seluas-luasnya bagi siapapun untuk mengetahui berbagai hal mengenai Indonesia dan menjadi bekal informasi yang berharga saat mereka berkunjung ke Indonesia.” – Mari Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Mulai hari ini, mobil Google yang dilengkapi dengan kamera khusus dan logo Kementerian “Wonderful Indonesia” akan mulai berkeliling dan mengambil foto-foto dari berbagai lokasi di seluruh Indonesia.

Bagi Anda yang khawatir mengenai privasi, Google telah berupaya untuk menjaga privasi di Google Maps. Google menggunakan teknologi yang memungkinkan untuk mengaburkan wajah manusia maupun plat nomor kendaraan di setiap gambar yang diambil oleh mobil Street View supaya identitas mereka tidak dapat dikenali.

“Google Maps dengan Street View adalah contoh lain bagaimana Google mementingkan pengguna di Indonesia, dan kami sangat menantikan kesempatan untuk menunjukkan gambar-gambar indah yang kami tangkap serta mengumumkan bagaimana masyarakat Indonesia dapat membantu kami memilihkan rute untuk mengambil gambar dalam beberapa bulan ke depan” – Andrew McGlinchey, Product Manager, Google Inc.

Berarti beberapa lama lagi kita akan dapat melihat keindahan alam di Indonesia langsung dari browser di komputer kita masing-masing. Kita tunggu saja!

Untuk melihat lebih lanjut mengenai Street View dan bagaimana Street View dapat digunakan untuk tujuan rekreasi dan bisnis, silakan kunjungi google.co.id/streetview

Berikut adalah video detik-detik diluncurkannya mobil Google Maps Street View:

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.