Twitter: 2,5 Juta Tweet Mengenai Pemberhentian Di Matteo

Roberto Di Matteo

Apabila Anda adalah seorang penggemar sepakbola, pasti Anda sudah mendengar mengenai kabar pemberhentian Roberto Di Matteo dari posisi manajer Chelsea. Twitter melakukan analisis mengenai kejadian tersebut dan menemukan bahwa ada 2,5 juta Tweet yang membahas kejadian tersebut!

Kejadian pemberhentian tersebut terjadi setelah Chelsea dikalahkan oleh Juventus dengan skor 3-0 pada Rabu malam waktu setempat, atau Kamis dinihari waktu Indonesia bagian barat. Tidak lama setelah itu, tersiar kabar bahwa Roberto Di Matteo, manajer Chelsea, diberhentikan. Kabar tersebut diumumkan sendiri oleh Chelsea melalui akun resmi mereka, @ChelseaFC.

Pada saat tulisan ini dibuat, Tweet dari Chelsea tersebut telah mendapatkan 5.100 retweet dan 160 favorit. Twitter sendiri melaporkan ada 2,5 juta Twitter yang membahas kabar tersebut, mulai dari pada saat pertandingan melawan Juventus digelar, sampai dengan Rabu sore waktu setempat, pada saat banyak kabar mengenai siapa yang akan menjadi penggantinya.

Beberapa poin yang dicatat oleh Twitter:

  • Bahasan paling banyak terjadi pada jam 9 pagi waktu Inggris ketika Chelsea mengumumkan pemberhentian tersebut melalui akun resmi Twitter mereka,
  • Kata yang paling populer, “Chelsea”, disebut sebanyak satu juta kali,
  • Tweet berdatangan dari berbagai dunia termasuk Inggris, Amerika, dan Indonesia, di mana Chelsea memiliki akun khusus untuk pengguna Indonesia, @chelseafc_indo
  • Topik ini menjadi hangat dan mendominasi tren Twitter pada hari Rabu dan sebanyak lima buah tren mengenai kejadian ini muncul secara bersamaan di Inggris,
  • Topik ini juga menjadi Trending Topic di seluruh dunia.

Sebagai catatan, @ChelseaFC merupakan tim Premier League yang memiliki follower paling banyak kedua setelah @Arsenal. Manajer baru Chelsea akan menjadi manajer kedelapan sejak Twitter dilahirkan, sedangkan manajer Arsenal sudah menjabat sejak 10 tahun sebelum Twitter ada!

Sumber: Twitter Blog

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.