RIM Hanya Punya 1 Kesempatan Terakhir, Yaitu BlackBerry 10

Saat ini, Android sudah ada di versi 4.2, iOS sudah sampai tahap 6, dan Microsoft baru saja merilis Windows Phone 8. Bagaimana dengan BlackBerry dan Research In Motion? Kabar terakhir yang cukup menggembirakan bagi para penggunanya adalah peluncuran BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013 mendatang.

Dalam sebuah wawancara dengan The Verge dengan CEO RIM, Thorsten Heins, membahas mengenai persaingan BlackBerry dengan platform lainnya dan juga kesiapan BlackBerry 10 untuk peluncurannya Januari mendatang.

Dan dengan dipilihnya peluncuran pada Januari mendatang, otomatis RIM akan kehilangan momentum masa-masa liburan dimana banyak orang-orang membeli hadiah untuk diberikan kepada orang-orang yang mereka sayangi.

The Verge mengatakan bahwa RIM ingin lebih dari sekedar selamat dalam industri ini, tetapi mereka menginginkan sesuatu yang lebih besar. Dan inilah sebuah kesempatan terakhir yang akan dimanfaatkan RIM melalui BlackBerry 10 nya yang akan datang.

Thorsten Heins mengatakan:

We have this one shot and we want to be right.

Kami punya 1 kesempatan ini dan kami ingin kesempatan ini kami gunakan sebaik mungkin.

Yang mana itu berarti bukan hanya sekedar meluncurkan sebuah smartphone yang hebat, tetapi juga dengan dukungan aplikasi dan ekosistem yang sangat krusial bagi sebuah smartphone di jaman sekarang ini.

Adapun alasan RIM mengundur peluncuran BlackBerry 10 hingga kuartal 1 tahun 2013 adalah pada kuartal 4 tahun 2014 ini sangat banyak produk-produk baru diluncurkan, mulai dari Apple dengan iPad mini, iPad generasi 4, MacBook Pro retina display 13 inci, iMac baru, kemudian Microsoft dengan Windows 8, Microsoft Surface, dan Windows Phone 8, dan yang terakhir Google dengan Android 4.2, Nexus 4, dan Nexus 10.

Menurutnya dengan mengundur peluncuran BlackBerry, ia akan mendapat perhatian penuh dari seluruh dunia. Heins juga yakin bahwa akan mencapai lebih dari 100 ribu aplikasi untuk BlackBerry 10, Anda juga bisa ikutan men-submit aplikasi Anda.

Satu kalimat yang menarik dari Heins adalah:

I don’t go against competition, I go for customers, I go for Business

Saya tidak menantang kompetisi yang ada, Saya fokus pada pelanggan, Saya fokus pada bisnis.

Dengan pernyataan ini jelas bahwa pelanggan adalah tujuan utama dari RIM, RIM juga menjanjikan user experience dalam menggunakan BlackBerry 10 akan sangat berbeda dari yang saat ini ada.

Tetapi belum ada tanda-tanda bagaimana nasib dari PlayBook, tablet PC besutan RIM yang sudah lama ‘menghilang’ dan belum pernah menuai sukses sejak pertama kali diluncurkan. Nampaknya saat ini RIM benar-benar fokus dalam pengembangan smartphone dan BlackBerry 10.

Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.