Prosesor 8 Core dari Samsung

Samsung

Anda masih belum puas dengan prosesor quadcore yang ada di berbagai smartphone di pasaran? Samsung dikabarkan akan memperkenalkan sebuah prosesor yang memiliki delapan inti!


Prosesor tersebut adalah hasil kerjasama Samsung dengan ARM, dan akan menggunakan arsitektur big.LITTLE dari ARM. Prosesor yang belum memiliki nama ini dikabarkan akan diperkenalkan pada 19 Februari 2013 yang akan datang.

Prosesor tersebut merupakan SOC (System on a Chip) berukuran 28 nm yang menggabungkan dua prosesor quadcore. Prosesor yang pertama mementingkan kecepatan, dan menggunakan Cortex A15 1,8 GHz. Prosesor yang kedua mementingkan efisiensi, dan menggunakan Cortex A7 1,2 GHz.

Walaupun di atas kertas tertulis prosesor ini memiliki 8 inti, tetapi sebetulnya prosesor big.LITTLE ini tidak dapat berjalan secara bersama-sama, melainkan berjalan bergantian sesuai dengan kebutuhan.
Kira-kira akan seperti apakah dunia teknologi di 2013 dengan kehadiran prosesor ini?

 

Referensi: Slashgear

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.