Inilah Perincian dari ‘Kapal UFO’ Apple, Apple Campus 2

apple spaceship-like office 550px

Apple sudah berencana membangun kantor barunya yang berbentuk menyerupai kapal UFO luar angkasa. Namun kabar terbaru menyatakan bahwa Apple akan melakukan sedikit perubahan dan penundaan dalam membangun kantor baru ini.

Cupertino merilis update terbaru dari proyek besar Apple ini dalam websitenya. Proyek ini sudah tertunda lebih dari 2 bulan dari awal perencanaan. Proyek yang rencananya akan selesai pada tahun 2015 ini nampaknya akan tertunda dan tertunda sampai dengan tahun 2016, karena pemerintah kota perlu melakukan penilaian dampak terhadap lingkungan sebelum menyetuji rencana tersebut.

Pada website Cupertino, tampak tidak begitu banyak perubahan dalam proyek besar Apple ini, sebagian besar masih sama dengan rencana awal pada saat Steve Jobs mempresentasikannya di depan dewan kota Cupertino Juni 2011 lalu.

Dikutip dari Venture Beat, perincian mengenai ‘Kapal UFO’ Apple ini adalah sebagai berikut:

  • Ruang kantor dengan luas 2,8 juta kaki persegi (sekitar 853 ribu meter persegi),
  • Sebuah restoran di dalam kantor tersebut,
  • Fitness center dengan luas 100 ribu kaki persegi (sekitar 30 ribu meter persegi),
  • Auditorium untuk 1000 orang dengan luas 120 ribu kaki persegi (sekitar 36 ribu meter persegi).

Fase kedua pada pembangunan gedung ini adalah dua kantor dan fasilitas research, masing-masing sekitar 300 ribu kaki persegi (sekitar 91 ribu meter persegi) untuk 2200 karyawan.

Restoran yang ada di dalam kantor Apple akan terdiri dari:

  • Tingkat atas dengan luas 60 ribu kaki persegi (sekitar 18 ribu meter persegi) untuk sekitar 2100 karyawan,
  • Tingkat bawah dengan luas 20 ribu kaki persegi (sekitar 6 ribu meter persegi) untuk sekitar 600 karyawan,
  • Tempat makan outdoor dengan luas yang tidak disebutkan untuk sekitar 1750 karyawan.

Seperti yang dijelaskan dalam video di atas, Apple membeli tanah ini dari bekas kantor HP, dan Apple juga memberi beberapa tanah di sekitarnya untuk memperluas tanah hingga 20% lebih. Apple berencana untuk meningkatkan efisiensi penggunaan tanah dengan memperbanyak taman dan membuat gedung parkir bertingkat dan parkir bawah tanah.

Salah satu bentuk nyatanya adalah 100% menggunakan energi daur ulang untuk seluruh kantor, dengan menggunakan panel surya dan sel bahan bakar di lokasi kantor tersebut, dan juga akan menyediakan 300 electric vehicle charging stations.

Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.