Google Maps Membantu Seorang Lelaki Berjalan 5000 Mil Mengelilingi Asia Tenggara

Winston Fiore

Dimana sebagian dari kita, khususnya yang tinggal di Indonesia, menggunakan Google Maps untuk mencapai tempat-tempat hiburan, seorang lelaki menggunakan aplikasi ini untuk menjelajahi Asia (khususnya Asia Tenggara) dan berjalan sejauh 5000 mil.

5000 mil adalah setara dengan 8046, 72 km. WOW!

Ialah Winston Fiore, seorang mantan angkatan laut Amerika Serikat (U.S Marine). Perjalanan ini ia tempuh untuk mengumpulkan uang dan kesadaran bagi International Children’s Surgical Foundation, sebuah lembaga amal yang menyediakan rekonstruksi bedah wajah secara gratis untuk anak-anak dengan bibir sumbing di negara-negara berkembang.

Dalam perjalanan yang ia namakan “Smile Trek” ini, Fiore berjalan dari Brunei, Cina, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Sayangnya ia tidak berkunjung ke Indonesia, rasanya dari Sabang sampai Merauke lebih dari cukup untuk menempuh perjalanan 5000 mil.

Senjata yang ia gunakan dalam perjalanan ini adalah sebuah smartphone Android dan Google Maps (dan tentu saja koneksi internet). Ia menggunakan Google Maps untuk mencari arah jalan yang akurat dan mudah ia lewati, baik itu melalui desa-desa terpencil dan peternakan, turun jalan-jalan kecil, sawah, bahkan ladang tebu gula terpencil.

Winston Fiore memuji Google Maps karena sudah membantunya menempuh jalan-jalan yang tidak biasa dengan mengatakan:

Walking directions in Google Maps were critical to my trek. The directions were accurate and efficient—it’s essential to take the shortest route when you’re walking 20-25 miles each day.

Berjalan dengan arahan dari Google Maps adalah suatu hal yang untuk perjalanan saya. Petunjuk yang akurat dan efisien-itu penting untuk mengambil rute terpendek ketika Anda berjalan 20-25 kilometer setiap hari.

Selain Google Maps, ia juga menggunakan Google Latitude untuk memberikan informasi kepada teman-teman, keluarga, dan para pendukungnya letak keberadaannya. My Tracks untuk kecepatan, jarak tempuh, dan tempat-tempat yang dikunjungi. Dan yang terakhir tentunya Google Translate untuk berkomunikasi dengan orang-orang lokal di daerah-daerah tersebut.

Senin kemarin ia menyelesaikan perjalanannya dalam waktu 408 hari, dan ia berhasil mengumpulkan lebih dari $65,000. Uang tersebut akan digunakan untuk membiayai lebih dari 200 anak-anak di Asia Tenggara yang akan di operasi.

Anda tertarik mengikuti langkah Sgt. Winston Fiore?

Sumber: Google Blog

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.