Mac OS X di Macintosh Portable

Macintosh Portable

Apabila Anda pecinta Mac OS tetapi ingin hardware yang berbeda dengan teman-teman Anda, coba tiru Patrick Blampied. Patrick melakukan modifikasi terhadap hardware Macintosh Portable miliknya dan menginstal OS X di perangkat tersebut!

Hardware yang digunakan adalah Macintosh Portable, yang merupakan komputer bertenaga baterai pertama keluaran Apple, yang dirilis pada tahun 1989.

Walaupun begitu, ternyata hanya bagian luarnya saja yang merupakan Macintosh Portable. Hardware bagian dalamnya sudah dirombak ulang, dan menggunakan hardware yang diambilnya dari netbook tipeĀ NB100 yang sudah tidak terpakai. Begitu pula dengan layarnya. Apabila layar Macintosh Portable asli masih hitam putih dan menggunakan teknologi active matrix LCD, layar di gadget oprekan Patrick ini sudah berwarna. Uniknya lagi, mouse yang tampaknya seperti mouse asli keluaran 1989, ternyata tidak menggunakan bola, tetapi sudah menggunakan laser. Begitu pula dengan konektivitas, ternyata gadget ini sudah disisipi oleh WiFi!

Untuk memastikan keyboard yang ada dapat berjalan dengan baik, Patrick juga harus membongkar dan menyambungkan tombol keyboard-nya satu per satu. Melelahkan, tapi sepadan dengan hasilnya. Di mana lagi ada laptop ber-OS X dengan tampilan Macintosh Portable?

Ada yang ingin mencoba memasukkan Mac OS X ke Original Macintosh, mungkin?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.