Apple Mendapatkan Paten Animasi Membalik Kertas Secara Digital

slide-to-unlock

Suatu hal yang janggal lagi-lagi terjadi dalam perebutan hak paten, yang juga lagi-lagi didapatkan oleh Apple. Paten yang cukup aneh didapatkan oleh Apple adalah “Display screen or portion thereof with animated graphical user interface” atau paten animasi membalik buku dalam aplikasi e-reader.

Apple saat ini menghabiskan lebih banyak uang untuk paten dibandingkan untuk berinovasi, dan strategi Apple adalah mempatenkan segala sesuatu hal yang mereka ciptakan (walaupun hanya sekedar konsep saja), juga termasuk hal-hal yang mereka tau mereka tidak mampu melakukannya.

Dikutip dari The New York Times, mulai hari ini Apple sudah mempunyai paten membalik buku secara digital D670, 713 dari US Patent Office. Apple sudah mendaftarkan aplikasi paten ini kepada pihak pemerintah sekitar 1 tahun lalu, Apple mengklaim kalau animasi membalik unik dibandingkan dengan animasi pada aplikasi e-reader lainnya.

Aneh!

Ini satu kata yang ada dalam pikiran saya saat saya membaca pengumuman mengenai Apple mendapatkan paten yang satu ini, karena saya sangat yakin bahwa saya melihat animasi seperti ini di aplikasi e-reader lainnya, termasuk di website-website yang menyediakan e-books atau e-magz bahkan sebelum iBooks populer.

Kemungkinan besar paten ini akan dijadikan ‘senjata’ Apple untuk ‘berperang’ dengan aplikasi-aplikasi sejenis iBooks, seperti Google Books.

Ini adalah 1 dari 38 paten Apple yang dikabulkan oleh pemerintah Amerika Serikat minggu ini. Beberapa waktu lalu Apple juga sudah mematenkan icon untuk musik, yang mana itu hanyalah sekedar note balok yang sudah digunakan sejak puluhan tahun lalu. Kemudian juga tangga kaca yang digunakan pada Apple Retail Store, dan juga packaging dari iPhone.

Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber gambar: The United States Patent and Trademark Office, funny-pictures-blog.com, googleplussuomi.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.