Jelajahi Keindahan Tata Surya Melalui Browser Anda

100k stars chrome experiment #1

Sebelumnya, sebuah teknologi muncul membantu Anda mengeksplorasi keindahan lautan dari web browser Anda. Perkembangan teknologi yang luar biasa membuat apa saja yang awalnya Anda impikan bisa menjadi kenyataan. Mimpi Anda untuk menjelajahi tata surya sudah terwujud, sekarang Anda bisa menjelejahi tata surya dengan menggunakan web browser Anda!

Permasalahannya adalah memvisualisasikan lokasi yang tepat dari setiap bintang di galaksi merupakan masalah yang sangat besar. Dengan lebih dari 200 miliar bintang, menangkap setiap detail dari Bima Sakti saat ini cukup menantang bagi ilmuwan maupun komputer. Namun, dengan menggunakan foto-foto dan data dari berbagai sumber, termasuk NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA).

Melaui sebuah Chrome Experiement yang disebut 100,000 Stars, Anda akan melihat visualisasi bintang-bintang di luar angkasa yang begitu indahnya. Dengan menggunakan mouse atau trackpad, Anda dapat zoom in dan zoom out untuk mengeksplorasi galaksi kita.

Perlu diingat gambaran ini adalah pandangan seorang seniman.


Chrome Experiment ini memanfaatkan dukungan Google Chrome untuk WebGL, CSS3D, dan Web Audio.  Musik diciptakan oleh SamHulick, yang pasti sudah tidak asing lagi bagi penggemar video game sebagai komposer untuk seri petualangan luar angkasa populer, Mass Effect.

Silahkan Anda jelajahi galaksi kita yang luas ini. Bisa Anda bayangkan bumi kita yang sangat besar hanya tampak setitik dari luar angkasa sana, kita hanyalah sebagian kecil dari bintang-bintang di tata surya ini.

Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.