Gartner: Penjualan Q3 2012 Android 72%, iOS Peringkat Dua

Android Activation

Gartner baru saja menerbitkan laporan penjualan smartphone kuartal ketiga tahun 2012 ini. Penjualan tertinggi dipegang oleh Android yang mencapai 72,4% kemudian disusul oleh iOS.


Secara garis besar, total penjualan ponsel menurun sebesar 3% dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan penjualan smartphone meningkat 47%. Penjualan ponsel berdasarkan vendor masih dipimpin oleh Samsung dengan 22,9%, disusul oleh Nokia dengan 19,2%, kemudian Apple di posisi ketiga dengan 5,5%. Total penjualan ponsel di kuartal ketiga 2012 adalah sebanyak 427,7 juta unit.

Penjualan smartphone terus menerus mengisi penjualan ponsel. Pasar smartphone didominasi oleh Samsung dan Apple, yang menguasai 46,5% pasar.

“Both vendors together controlled 46.5 percent of smartphone market leaving a handful of vendors fighting over a distant third spot,” said Mr. Gupta

“Kedua vendor mengendalikan 46,5% pasar smartphone,  jauh meninggalkan vendor-vendor lainnya yang berada di posisi ketiga,” said Mr. Gupta

Dilihat dari sistem operasi, penjualan tertinggi tahun ini adalah Android dengan 72,4%, disusul iOS dengan 13,9%, dan di posisi ketiga ada RIM BlackBerry dengan 5,3%.

Penurunan tertinggi dirasakan oleh Symbian (peringkat lima) yang penjualannya hanya 2,6%, turun jauh dari 16,9% pada kuartal yang sama tahun lalu. Penurunan signifikan juga dialami oleh RIM BlackBerry yang hanya mampu mendapatkan 5,3%, turun dari 11% tahun lalu. iOS pun menurun tipis dari 15% menjadi 13,9%. Total penjualan smartphone di kuartal ketiga 2012 adalah sebanyak 169,2 juta unit.

Dilihat dari data penjualan di atas, bisa dibilang Android memang semakin merajai pasar smartphone di dunia, dikarenakan sifatnya yang open dan sangat mudah diadopsi oleh berbagai vendor smartphone.

Jadi, 3 dari 4 smartphone di dunia ini menggunakan sistem operasi Android. Bagaimana dengan smartphone Anda?

 

Sumber: Gartner.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.