Jokowi: YouTube Bukti Transparansi

Jokowi Basuki #1

Mungkin ketika Anda membuka YouTube saat ini, banyak video-video yang bertengger di posisi trending mengenai Pemprov DKI. Jakarta baru memang memiliki konsep keterbukaan di bawah kepemimpinan Jokowi dan Basuki, khususnya melalui jejaring sosial yang satu ini. Bagaimana pendapat Pak Gubernur mengenai hal yang satu ini?

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, saat ditemui di Balaikota pada hari Selasa menanggapi mengenai video YouTube:

Saya belum tahu. Saya tidak mau banyak menjawab. Tapi itu kan bukti keterbukaan, transparan.

Ia menilai bahwa dengan meng-upload video-video tersebut di YouTube, termasuk video-video rapat dan lain sebagainya, merupakan salah satu bentuk keterbukaan di era kepemimpinannya. Ia juga mengaku kurang mengetahui kegiatan apa saja yang terekam dan tersebar di internet saat ini.

Jokowi juga dimintai pendapat mengenai salah satu video wakil Gubernur yang berbicara dengan nada tinggi dalam sebuah rapat karena tak mampu menahan emosi. Jokowi pun menanggapi dengan santai:

Itu kan transparan, supaya warga tau suasana rapat gubernur. Katanya dulu diminta transparan, masak sekarang mau disalahkan.

Bagaimana menurut Anda?

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.