Foxconn Mengganti Pekerja dengan Robot

Foxconn 550px

Foxconn, pabrik terbesar pembuat komponen elektronika untuk berbagai gadget dan gaming consoleyang berpusat di Taiwan ini akan segera mengganti para pekerja dengan robot-robot. Seiring tingginya tingkat peminatan akan smartphone dan gaming console, tentu membutuhkan resource pekerja yang banyak. Apalagi dengan isu para pekerja yang tidak kuat lagi untuk bekerja, maka Foxconn akhirnya mencari solusi untuk mempekerjakan robot.

Produk-produk ternama yang diproduksi di Foxconn adalah iPhone, iPod, iPad, Kindle, PS3, Wii U dan Xbox 360. Meningginya tingkat permintaan akan produk ini membuat para pekerja mengeluh akan situasi kerja. Foxconn akhirnya mencari solusi dengan menggunakan robot yang harganya dikabarkan $25.000 per robot, hampir 3 kali lipat gaji dari para pekerja. Nantinya, robot ini akan menggantikan tugas pekerja di bidang perakitan.

Kabarnya, sebanyak 1 juta pekerja akan digantikan dengan 1 juta robot. Foxconn mempunyai pekerja sebanyak 1,2 juta orang. Di akhir tahun 2012 ini, kelompok pertama yang sudah tiba sejumlah 10.000 robot akan ditambah hingga 20.000 robot. Robot tersebut dinamakan Foxbot. Robot ini didesain sederhana agar bisa melakukan tugas untuk mengangkat, memilih dan meletakkan barang. Robot yang dibeli Foxconn ini memang lebih mahal harganya ketimbang membayar para pekerja. Semoga saja dengan mendatangkan robot-robot ini ke Foxconn bisa menjawab solusi dari masalah pekerjaan di Foxconn.

Sumber : singularityhub.com , techweb.com

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.