HTC Bayar Denda 6-8 Dollar Setiap Penjualan Smartphone Android ke Apple

htc logo 550px

Apple gencar dan aktif mencari produsen smartphone Android yang melanggar hak paten ciptaan Apple. HTC, produsen smartphone asal Taiwan tidak bernasib sama dengan Samsung yang harus membayar denda 1 milyar dollar kepada Apple. HTC akhirnya menyetujui perjanjian dengan Apple dan menyelesaikan perkara hak paten dengan Apple.

HTC dan Apple menyetujui perjanjian 10 tahun denda dengan membayar Apple sebanyak 6 dollar – 8 dollar setiap smartphone Android HTC terjual. HTC menjual sendiri smartphone buatannya dan membuat handset untuk beberapa perusahaan Amerika, termasuk Google Nexus One. Malahan, baru-baru ini HTC merilis seri terbaru smartphone mereka untuk bersaing dengan Apple dan Samsung.  HTC diperkirakan telah menjual sebanyak 30 – 35 juta smartphone Android setiap tahunnya. Kalau ditotal, maka HTC harus membayar denda sejumlah 180 juta – 280 juta dollar per tahunya kepada Apple.

Apple, si raksasa teknologi sekarang ini sedang rutin mencari setiap produsen smartphone, terutama smartphone dengan OS Android yang mungkin melanggar hak cipta atau hak paten dari Apple.  Bulan Juli lalu, HTC menang oleh pengadilan Inggris bahwa 3 hak paten dari Apple, yaitu slide to unlock, multi-touch, dan multilingual keyboard, tidak ditiru oleh HTC sama sekali.

 

Sumber : businessinsider.com

 

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.