Unduh Aplikasi Android Langsung dari Website Google Play!

Google Play

Halo pengguna Android! Tahukah Anda bahwa Anda dapat memerintahkan smartphone Anda men-download sebuah aplikasi tanpa perlu membuka aplikasi Google Play di smartphone Anda?

Sebetulnya fitur ini sudah ada sejak cukup lama, tetapi memang hanya sedikit yang mengetahuinya, dikarenakan memang tidak terlalu sering dibicarakan bahkan oleh Google sendiri.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat melihat-lihat isi Google Play melalui laptop Anda, dan aplikasi yang Anda inginkan pun dapat langsung masuk ke smartphone Anda, tanpa menggunakan kabel. Semua terkoneksi dengan Cloud!

Jadi, bagaimana caranya? Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka website Google Play yang beralamat di play.google.com. Pastikan Anda telah sign in dengan akun Google yang sama dengan akun Google yang ada di smartphone Android Anda.
  2. Cari aplikasi yang Anda sukai, bisa melalui recommended applications, top free, top paid, top grossing, apa saja boleh! Setelah Anda menemukan aplikasi yang Anda sukai, klik judul aplikasi tersebut untuk kemudian Anda akan dihadapkan pada halaman aplikasi tersebut. Pada contoh ini saya telah menemukan aplikasi yang saya inginkan, yaitu Pocket.
  3. Perhatikan di bagian kiri halaman, ada tombol Install. Klik tombol tersebut.
  4. Akan nampak halaman kecil yang menampilkan detail informasi mengenai aplikasi yang akan Anda instal. Di bagian ini, silakan pilih ke smartphone Android mana Anda ingin mengirimkan aplikasi, lalu perhatikan juga hak akses aplikasi tersebut. Setelah yakin, silakan tekan tombol Install.
  5. Penginstalan aplikasi Anda telah berhasil diproses!
  6. Sementara itu, smartphone Android Anda sudah mulai mendownload aplikasi yang Anda inginkan tadi! Keren, ya?

Cara ini juga dapat dilakukan untuk aplikasi berbayar, caranya kurang lebih sama, tetapi di saat detail informasi (langkah keempat di tutorial ini), Anda akan diminta memasukkan nomor kartu kredit Anda (atau memilih nomor kartu kredit Anda, kalau Anda sudah pernah memasukkannya sebelumnya.)

Selamat mencoba!

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.