Nvidia: Tablet Canggih Lebih Baik Daripada PC Murah

Saat ini jika Anda datang ke sebuah pameran komputer atau pusat penjualan komputer, mungkin Anda akan bingung ketika hendak membeli sebuah gadget baru, PC atau tablet?

Tentunya pilihan ini kembali lagi kepada kebutuhan Anda, jika Anda seseorang yang sering bepergian, mungkin tablet PC lebih cocok untuk Anda. Tetapi tablet PC tentu memiliki keterbatasan tertentu jika dibandingkan dengan sebuah PC atau laptop.

Nvidia adalah sebuah perusahaan besar yang terlibat dalam kedua bidang ini, baik tablet maupun PC. Dikutip dari Venture Beat, Jen-Hsun Huang, Chief Executive dari Nvidia dalam sebuah konferensi melalui telepon mengatakan:

A great tablet is better than a cheap PC

Sebuah tablet yang hebat lebih baik dari PC murah

Menurut Huang, saat ini 30% pemasukan Nvidia berasal dari produk-produk non-PC, jika dibandingkan dengan 3 tahun lalu yang kontribusinya hanya 3%. Nvidia Tegra adalah salah satu produk utamanya, Nvidia Tegra adalah salah satu prosesor yang saat ini paling dominan yang digunakan dalam sebuah tablet PC.

Huang juga mengatakan, bahwa penjualan prosesor Nvidia Tegra ini mampu mengimbangi penjualan perangkat grafis Nvidia yang digunakan untuk PC. Adapun pengguna prosesor Nvidia Tegra adalah sebagian besar tablet Android antara lain Nexus 7, Lenovo, dan Asus, serta Microsoft Surface.

Nvidia selama ini dikenal sebagai pembuat perangkat grafis terbaik di industri PC, tetapi mulai melakukan ekspansi bisnis dengan membuat prosesor tablet yang saat ini mulai dominan digunakan di pasar. Ini adalah sebuah langkah yang tepat dalam berbisnis, dimana Nvidia melihat dan mengambil peluang di masa post PC era.

Huang menambahkan:

Our fundamentals are better than ever. We’re increasing our share. The PC end market is uncertain. We’ll take a rather cautious approach to our outlook.

Fundamental kami berada pada titik terbaik saat ini. Kami meningkatkan pangsa pasar. PC sedang tidak pasti, kami akan berhati-hati merencanakan langkah ke depan.

Selain Nvidia Tegra, Nvidia Kepler yang merupakan perangkat grafis yang digunakan pada komponen PC, juga mampu menjadi dominan dibandingkan dengan perangkat grafis saingannya dari AMD. Perangkat grafis masih merupakan 70% pemasukan dari Nvidia, tentu Nvidia tidak akan mengurangi fokusnya dalam produk dan bidang ini.

Menurut Huang, pernyataannya ini tidak akan berdampak kepada penjualan perangkat grafis Nvidia, karena Nvidia tidak bermain disegmen PC murah. Oleh sebab itu ia mengatakan tablet lebih baik dari PC murah.

Ada benarnya juga pernyataan ini, karena PC murah cenderung sangat terbatas dan lambat dalam menjalankan program-program berat dan besar. Sedangkan tablet saat ini sudah bisa dibilang menggantikan sebagian pekerjaan di PC, yang mana pekerjaan tersebut yang hanya bisa dikerjakan di PC murah, bahkan performa tablet sering kali lebih hebat dibanding PC murah.

Bagaimana menurut Anda?

 

Sumber gambar: fonearena.com.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.