Bersihkan Akun Social Network Anda dari Aplikasi Mengganggu!

Bersih-Bersih

Pernahkah Anda mendapati akun Facebook atau Twitter Anda mengeposkan sebuah status ataupun tweet dengan sendirinya? Bisa jadi ada aplikasi ‘nakal’ yang menyalahgunakan hak akses mereka dan menggunakan akun Anda untuk mempromosikan produk-produk mereka, atau yang lebih parah lagi, untuk menyebarkan spam ataupun penipuan. Bagaimana cara membasminya?

Di artikel ini saya akan membahas bagaimana cara menghentikan hak akses aplikasi-aplikasi mengganggu yang ada di Facebook dan Twitter.

1. Facebook

  1. Klik tombol di pojok kanan atas, di kanan tombol Home, lalu pilih Account Settings.
  2. Di bagian kiri account settings, akan ada beberapa pilihan menu seperti yang ada di gambar di bawah. Pilih menu Apps.
  3. Di sisi kanan layar akan muncul berbagai macam aplikasi yang pernah Anda izinkan untuk mengakses akun Anda. Perhatikan satu persatu, lalu pilih aplikasi yang Anda anggap sering mengirimkan status yang sifatnya tidak jelas.
  4. Akan keluar konfirmasi untuk memastikan apakah Anda benar-benar ingin mencabut hak akses aplikasi tersebut. Pada contoh kali ini, saya memilih aplikasi Premier Football. Apabila Anda ingin menghapus semua post yang telah aplikasi tersebut kirimkan, Anda juga dapat mencentang “Delete all your Premier Football activity on Facebook”.

2. Twitter

  1. Di bagian kanan atas halaman twitter.com, klik gambar gir, lalu pilih Pengaturan (atau Settings, apabila Anda menggunakan Twitter dalam bahasa Inggris.)
  2. Di bagian kiri halaman pengaturan akan tampak beberapa pengaturan, pilih menu Aplikasi (Application.)
  3. Akan tampak beberapa aplikasi yang telah Anda berikan hak akses, cari aplikasi yang menurut Anda menggangu, lalu klik Cabut Akses (Revoke Access.)
fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.