30 Januari 2013, Peluncuran BlackBerry 10

blackberry 10

Selama ini BlackBerry 10 seringkali digembar-gemborkan oleh RIM untuk menggaet hati para perusahaan dan developer yang hatinya mulai ‘berpindah’ ke platform lain selain BlackBerry. Setelah mengalami beberapa kali penundaan, akhirnya RIM mengumumkan akan meluncurkan BlackBerry 10 pada 30 Januari 2012 mendatang.

Sepak terjang BlackBerry 10 sendiri sudah melalui berbagai tahap sebelum mencapai tahap ini. Terakhir, RIM sudah mengenalkan icon-icon baru untuk BlackBerry 10 serta mulai menerima aplikasi dari para developer. BlackBerry 10 terakhir kali di demonstrasikan pun cukup menarik perhatian.

Dalam acara peluncurannya, RIM sedikit meniru Windows 8 yang serentak diluncurkan di beberapa negara di seluruh dunia. Selain itu RIM juga akan mengumumkan 2 smartphone BlackBerry terbaru yang menggunakan sistem operasi BlackBerry 10.

Thorsten Heins, President dan CEO RIM mengatakan:

Our team has been working tirelessly to bring our customers innovative features combined with a best in class browser, a rich application ecosystem, and cutting-edge multimedia capabilities. All of this will be integrated into a user experience – the BlackBerry Flow – that is unlike any smartphone on the market today .

Tim kami telah bekerja tanpa lelah untuk membawa fitur-fitur inovatif dikombinasikan dengan browser kelas terbaik untuk pelanggan kami, ekosistem aplikasi yang kaya, dan mutakhir akan kemampuan multimedia. Semua ini akan diintegrasikan ke dalam pengalaman pengguna – BlackBerry Flow – yang tidak seperti smartphone yang ada di pasar saat ini.

Berdasarkan pernyataan Heins ini dapat disimpulkan bahwa BlackBerry 10 akan memberikan pengalaman yang berbeda jika dibandingkan dengan iOS, Android, dan Windows Phone 8. Seperti apa? Anda harus melihat video demontrasi BlackBerry 10 pada September kemarin.

Salah satu dari 2 smartphone yang akan diumumkan pada 30 Januari 2013 mendatang bisa jadi adalah BlackBerry London yang rumornya muncul pada bulan September kemarin juga.

Benarkah hal tersebut? Kita tunggu Januari nanti.

Beberapa ahli dan analis memprediksi bahwa RIM akan mati (bangkrut) sebelum BlackBerry 10 benar-benar diluncurkan. Bagaimana menurut Anda, apakah BlackBerry 10 mampu mengangkat nama RIM menuju kejayaan dalam pangsa pasar smartphone pada masanya?

 

Referensi: theverge.com, mashable.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.