Penjualan Video Game Turun 25% Dibanding Tahun Lalu

Console Gaming

Kelihatannya 2012 bukan tahun yang baik bagi console dan PC gaming. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh lembaga riset NPD, penjualan game di Amerika Serikat pada bulan Oktober ini menurun 25% dibandingkan dengan tahun lalu, dari $ 1 miliar menjadi $ 755 juta.

Sementara itu, penjualan hardware juga ikut turun sebesar 37%, dan penjualan software menurun 25%. Satu-satunya yang naik adalah penjualan aksesoris, yang meningkat sebanyak 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“These sales figures represent new physical retail sales of hardware, software and accessories, which account for roughly 50% of the total consumer spend on games. When you consider our preliminary estimate for other physical format sales in September such as used and rentals at $101 million, and our estimate for digital format sales including full game and add-on content downloads including microtransactions, subscriptions, mobile apps and the consumer spend on social network games at $359 million, we would estimate the total consumer spend in September to be just under $1.2 billion.” – Liam Callahan, NPD analyst.

“Gambaran penjualan ini menunjukkan penjualan ritel dari hardware, software, dan aksesoris, yang kira-kira menyumbang 50% dari total pengeluaran konsumen terkait pembelian game. Apabila Anda mengikutsertakan perkiraaan pendahuluan kami mengenai format penjualan fisik di bulan september termasuk di antaranya penjualan second dan rental sebesar $101 juta, dan juga perkiraan kami mengenai penjualan berbentuk digital termasuk di antaranya sebuah game lengkap dan add-on seperti microtransactions, langganan, aplikasi ponsel, dan yang konsumen keluarkan untuk game di jejaring sosial, yang ditotal menjadi $359 juta, kami dapat memperkirakan total yang dikeluarkan oleh konsumen pada bulan September adalah sekitar $1,2 miliar.” – Liam Callahan, analis NPD.

Terlihat dari pernyataan Liam Callahan di atas, nampaknya mobile gaming sudah mulai mengambil alih console gaming. Mobile gaming sudah tidak lagi sebagai pelengkap, tetapi orang justru sekarang lebih senang bermain game di perangkat mobile seperti tablet dan juga smartphone.

Penasaran game apakah yang terjual paling banyak pada bulan Oktober tahun 2012 ini? Berikut daftarnya:

  • NBA 2K13, Take 2 Interactive
  • Resident Evil 6, Capcom USA
  • Pokemon Black Version 2, Nintendo
  • Dishonored, Bethesda Softworks
  • Pokemon White Version 2, Nintendo
  • Madden NFL 13, Electronic Arts
  • FIFA Soccer 13, Electronic Arts
  • Medal of Honor: Warfighter, Electronic Arts
  • Borderlands 2 Take 2 Interactive
  • Skylander Giants Activision Blizzard

 

Referensi: forbes.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.