Bermain Musik Digital dan Online Dengan Google Jam

JAM with Chrome #1

Mungkin Anda pernah mendengar aplikasi Garage Band dari Apple yang hadir di Mac dan iOS. Tetapi Google menawarkan sesuatu yang baru untuk bermain musik secara digital dan online. Perkenalkan Google Jam untuk Chrome.

Google Jam bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin bermain musik bersama teman-teman secara digital dan online, melalui web app yang interaktif secara real time bersama teman-teman Anda.

Dikutip dari Mashable, Google mengatakan:

If you ever dreamed of playing in a band, now’s your chance to be a rock star. No matter what your level of talent—from daydreaming air guitarist to music pro—you can JAM together in real time over the web.

Jika Anda pernah bermimpi bermain di sebuah band, sekarang adalah kesempatan Anda untuk menjadi bintang rock. Tidak peduli tingkat bakat Anda -dari yang bermimpi menjadi gitaris sampai dengan seorang gitaris profesional- Anda dapat JAM bersama-sama secara real time melalui web.

Aplikasi ini cenderung mirip namun berbeda dengan Garage Band dari Apple. Selain itu juga mudah untuk digunakan dan Anda bisa mencoba berbagai macam jenis alat musik, mulai dari berbagai macam gitar akustik, gitar elektrik, drum, drum machine, keyboard, dan bass. Mungkin beberapa alat musik lainnya juga akan ditambahkan ke dalam aplikasi ini ke depannya.

Jika Anda menggunakan ‘easy mode‘, Anda bisa memainkan musik dengan mudah hanya dengan beberapa pengaturan dan sentuhan di keyboard komputer Anda dan alat musik akan bermain dengan sendirinya (auto play). Sedangkan untuk ‘pro mode‘, aplikasi ini memberikan kebebasan bagi Anda untuk mengontrol permainan alat musik dengan keyboard komputer Anda.


Aplikasi Google Jam bisa Anda jalankan di Google Chrome yang mendukung HTML 5 dan CSS 3. Bagi Anda yang penasaran, Anda bisa langsung mendownload Jam for Chrome di Chrome Web Store.

Jika dibandingkan dengan Garage Band, aplikasi ini masih memiliki fitur yang kurang, karena belum ada beberapa fitur pendukung seperti fitur untuk secara langsung untuk merekam musik hasil karya Anda. Tetapi yang menarik di aplikasi ini adalah web based, sehingga Anda bisa menggunakannya dimana saja selama Anda menggunakan Chrome, dan Anda bisa bermain bersama 4 orang teman sekaligus dan melakukan chatting untuk berdiskusi.

Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.