Robot Tangan Berkecepatan Tinggi

High Speed Robot

Pernahkah Anda membayangkan ada robot yang dapat men-dribble bola ping pong dan memutar pulpen dengan kecepatan tinggi? Robot yang dikembangkan di laboratorium Ishikawa Komuro ini dapat melakukan hal-hal tersebut!

Selain melakukan dribble bola dan memutar pulpen dengan kecepatan tinggi, robot berbentuk tangan dengan tiga jari ini dapat menge-track bola dengan menggunakan kamera, melempar bola ke sebuah sasaran, mengikat tali, mengambil objek sebesar nasi dengan penjepit, dan yang paling menarik: melempar ponsel ke atas kemudian menangkapnya kembali. Semua dalam kecepatan tinggi!

Robot ini dikembangkan dengan fokus pada kecepatan dan ketepatan, sehingga ia dapat melakukan berbagai hal dengan cepat dan tepat. Jari-jari yang ada dapat bergerak 180 derajat hanya dalam 1/10 detik. Saking cepatnya sampai pada saat ia men-dribble bola, yang tampak di video hanyalah efek blur, karena kamera tidak dapat menangkap pergerakan bola.

Penasaran? mari langsung simak beberapa video di bawah ini:

Di video kedua ini diperlihatkan pada saat robot ini diprogram untuk menangkap bola yang dijatuhkan dari atas. Kamera berkecepatan tinggi ditugaskan untuk menge-track jatuhnya bola, dan jari-jari dari robot ini pun kemudian memperhitungkan waktu yang tepat untuk menangkapnya.

 

sumber gambar: hizook.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.