iPad Mini vs iPod Touch 5G

ipad mini vs ipod touch 5g 550px

Semenjak Apple mengumumkan iPad Mini, banyak yang mengeluarkan candaan kalau iPad Mini itu adalah iPod Touch versi besar. Nah, sebelum iPad Mini dan iPod Touch generasi kelima resmi dijual di Indonesia, ada baiknya melihat apa saja dan seberapa besar perbedaan dua gadget terbaru dari Apple ini.

Ukuran

Se’mini‘nya iPad versi baru ini, tentu masih lebih kecil iPod Touch 5G untuk ukuran yah. Keduanya sama-sama cukup untuk digenggam tangan dan nyaman dibawa. Bahkan untuk masalah ketipisan, dua-duanya terbilang cukup tipis.

Berat

iPad Mini 3x lebih berat daripada iPod Touch 5G. Tentu berbeda ya untuk segi berat, bedakan keringanan untuk tablet dengan keringanan untuk media player portable seperti iPod Touch 5G. iPad Mini terbilang cukup ringan untuk kalangan tablet.

Display

Nah, untuk resolusi layar, iPod Touch 5G ternyata punya resolusi lebih tajam untuk melihat teks maupun gambar. iPad Mini unggul di ukuran layar yang lebih besar daripada iPod Touch 5G. Jadi, jika merasa nyaman dengan ukuran layar yang lebih besar, carilah iPad Mini. Jika merasa resolusi tajam adalah tujuan utama, maka carilah iPod Touch 5G.

Prosesor

Keduanya punya prosesor yang sama yaitu Apple A5 Chip, tapi kinerja prosesor untuk iPad Mini lebih tinggi daripada iPod Touch 5G. Walaupun performa untuk menjalankan aplikasi tidak akan begitu berbeda karena prosesor, namun pastinya iPad Mini lebih mulus saat menjalankan aplikasi.

RAM & Storage

Kedua gadget ini punya memori RAM yang sama, jadi tidak perlu terlalu dipikirkan. Yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran media penyimpanan atau storage. iPad Mini mulai dengan 16 GB untuk besarnya penyimpanan, sedangkan iPod Touch mulai dari 32 GB.

Wireless

Jika ingin menggunakan gadget dengan paket data supaya bisa digunakan dimanapun, hanya satu pilihan yang dapat dipilih, yaitu iPad Mini.

Kamera

Kamera iPad Mini dan iPod Touch 5G sama, baik untuk kamera depan dan belakang. Kedua kamera ini cukup untuk fotografi pemula, walaupun masih kalah dengan kamera smartphone lainnya.

Kesimpulan

Baik iPad Mini dan iPod Touch 5G hampir memiliki spesifikasi yang sama, tergantung kebutuhan kalian yang mau membelinya. Kalau ingin ukuran layar yang lebih besar tentu pilih iPad Mini dengan berbagai macam aplikasi yang lebih banyak daripada iPod Touch. Untuk aplikasi, iPad Mini menang karena punya lebih banyak aplikasi untuk dijalankan dibandingkan dengan iPod Touch yang hanya bisa menjalankan aplikasi untuk iPod Touch dan iPhone saja. Harga keduanya pun sama-sama cukup mahal. Jadi, sekali lagi telusuri kebutuhan kalian saat menentukan akan membeli gadget yang mana, karena keduanya sama-sama bagus.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.