Google Tidak Yakin Apple Akan Approve Google Maps for iOS

find-iphone-maps

Bagi para pengguna iOS yang sudah tidak sabar akan kembalinya Google Maps ke iOS, mungkin Anda harus sedikit lebih sabar lagi. Pasalnya, Google sendiri tidak yakin bahwa Google Maps akan di-approve oleh Apple.

Sumber dari The Guardian mengatakan bahwa Google tidak optimis Apple bakal menerima Google Maps for iOS dalam App Store-nya. Padahal aplikasi tersebut dikabarkan dalam pengembangan dan akan siap digunakan pada akhir tahun ini.

Seorang sumber lain mengatakan, mungkin akan terasa aneh apabila Apple, yang pernah ‘menendang’ Google Maps dari iOS dan membangun Apple Maps sendiri, kemudian memasukkan kembali aplikasi yang akan menjadi kompetitornya.

Saat ini untuk penggunaan Maps, para pengguna iOS banyak yang mensolusikannya dengan cara melakukan bookmarks Google Maps di web browser pada iOS-nya.

Berbeda dengan aplikasi YouTube, aplikasi YouTube memang ‘ditendang’ dari iOS, tetapi masih diijinkan berada di App Store. Hal ini masuk akal, karena Apple tidak punya produk sejenis YouTube, sedangkan jika Google Maps, Apple baru saja meluncurkan produk serupanya.

Tetapi yang seharusnya diperhatikan Apple bukanlah masalah kompetisi nantinya aplikasi mana yang digunakan oleh para penggunanya, melainkan kepuasan para pengguna iOS tersebut. Karena jika iOS terus menerus tidak punya layanan Maps yang berkualitas dan terpercaya, para pengguna yang membutuhkan aplikasi tersebut lama-lama akan hengkang dari iOS.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.