IDC: Apple Menguasai Pasar Tablet, Samsung Posisi Kedua

Samsung mungkin menjadi pemenang dalam hal pangsa pasar smartphone. Tetapi di dalam hal tablet, mereka masih harus mengaku kalah dari Apple. Menurut IDC, Apple masih menduduki peringkat pertama dalam hal penjualan tablet dengan persentase 50%.

“After a very strong second quarter, Apple saw growth slow as both consumer and commercial (including education) shipments declined, and rumors of a forthcoming iPad mini began to heat up,” said Tom Mainelli, research director, Tablets at IDC.

“Setelah kuartal kedua yang sangat kuat, Pertumbuhan Apple baik itu ke konsumen dan ke perusahaan (termasuk di bidang edukasi) melambat, dikarenakan adanya rumor yang terus berkembang mengenai keberadaan iPad Mini,” jelas Tom Mainelly, direktur riset bidang Tablet di IDC.

Pada kuartal ketiga tahun 2012 ini perkembangan tertinggi dialami oleh Samsung, yang menjual 5,1 juta tablet, naik 325% dibandingkan tahun lalu yang hanya 1,2 juta tablet. Perkembangan tertinggi kedua adalah Asus, yang naik dari 700 ribu tablet menjadi 2,4 juta tablet, disusul oleh Lenovo yang meningkat dari 200 ribu tablet menjadi 0,4 tablet, dan diikuti oleh Apple, yang naik dari 11,1 juta tablet menjadi 14 juta tablet.

Selain Apple dan Samsung, ada juga Amazon, Asus, dan Lenovo. Apabila diperhatikan, ketiga merk itu juga mengusung sistem operasi Android, jadi dapat disimpulkan kalau Android juga mulai menggerus pasar tablet, setelah berhasil menguasai pasar Smartphone dengan persentase cukup mengagumkan, 75%.

5 Vendor Teratas, Penjualan Tablet di Seluruh Dunia, Kuartal Ketiga 2012 (preliminary) (Barang dalam Juta Unit)

Sumber: IDC Worldwide Quarterly Tablet Tracker, November 5, 2012 (preliminary data)

 

Referensi: idc.com


fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.