Cerita di Balik Start Screen Windows Phone 8

Windows Phone

Melihat begitu sederhana tetapi menariknya start screen di Windows Phone 8, pernahkan Anda bertanya-tanya mengapa Microsoft mendesain start screen Windows Phone 8 seperti itu? Windows baru saja mengepos tulisan mengenai hal tersebut di blog mereka.

Jadi, ini adalah hal-hal yang membuat start screen Windows Phone 8 berbentuk seperti itu, menurut Josh Phillips, Senior Program Manager di Microsoft.

Home Screen Terbaik di Ponsel

Windows Phone menggantikan icon-icon yang statik dan kaku dengan icon yang mereka sebut “Live Tiles”, yaitu icon yang bagaikan hidup karena terus bergerak. Live Tiles dapat dikustomisasi dan sangat berguna untuk menampilkan informasi apa yang penting bagi Anda, tanpa perlu membuka aplikasi tersebut. Fitur ini juga dapat digunakan oleh para developer aplikasi untuk memaksimalkan fungsi aplikasinya.

Di Windows Phone, start screen bukan hanya tempat membuka aplikasi. Di sini Anda bisa menempelkan kontak yang Anda sayangi supaya dapat melihat foto dan status update-nya setiap saat. Begitu pula dengan musik dan album foto, semua bisa ditempelkan menjadi sebuah Live Tiles.

Merangkum Semuanya di depan

Kalau sistem operasi lain memasang berbagai macam efek di start screen mereka, mulai dari garis-garis, bayangan, refleksi, dan lain-lain, Windows Phone malah berusaha menyederhanakan semuanya. Bahkan gambar panah yang tadinya ada di Windows Phone 7 pun dihilangkan di Windows Phone 8.

Hal tersebut memungkinkan Anda untuk menaruh lebih banyak konten dari Anda sendiri, bukan dari Microsoft.

Aku Ingin Yang Lebih Besar

Di Windows Phone 8, Anda dapat me-resize Live Tiles yang Ada, sehingga Anda dapat mengatur mana Tiles yang lebih penting, dan Tiles yang kurang penting. Live Tiles yang lebih penting dapat Anda perbesar, dan yang kurang penting dapat Anda perkecil.

Demonstrasi:

Warna-Warna Indah

Windows Phone selalu menekankan warna-warna ceria, karena Microsoft menganggap warna mencerminkan kepribadian. Di Windows Phone 8, Anda dapat memilih 20 warna berbeda untuk dijadikan warna dasar Live Tiles Anda. Warnanya sangat beragam mulai dari yang sedikit kalem, sampai yang ngejreng!

Perkenalkan, Start Screen Saya

Setelah melihat berbagai faktor di atas, bisa dibilang bahwa start screen setiap orang berbeda!

Start screen Anda pasti akan berbeda dengan saya, start screen saya pasti akan berbeda dengan Steve Ballmer. Padahal kustomisasi yang dipergunakan ‘hanya’ me-resize Tiles dan mengganti warna, tetapi setiap home screen terasa sangat personal.

“Windows Phone 8 has the best home screen — the perfect combination of flexibility, design, and simplicity — of any major platform right now.” – The Verge

“Windows Phone 8 memiliki home screen terbaik, yang merupakan kombinasi sempurna antara fleksibilitas, desain, dan kesederhanaan, tidak seperti platform lainnya.” – The Verge

Ya, jadi itulah cerita mengapa start screen Windows Phone 8 berbentuk seperti sekarang. Untuk postingan aslinya dapat dilihat di sini.

Apakah Anda setuju dengan penjelasan di atas?

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.