[Infografis] 100 Ribu Aplikasi Android Mencurigakan

Android Malware

Sebuah riset terbaru menunjukkan hasil bahwa ada lebih dari 100 ribu aplikasi yang terdapat di Google Play, toko aplikasi Android, mencurigakan.

Menurut Bit9 setelah menganalisis hak akses yang diminta dari sebuah aplikasi Android, dari 412.000 aplikasi 25% nya mempunyai kemungkinan untuk menimbulkan resiko keamanan bagi pengguna smartphone tersebut.

Dalam riset tersebut, ditemukan:

  • 72% dari aplikasi menggunakan setidaknya 1 hak akses yang beresiko tinggi
  • 42% mengakses data GPS, termasuk wallpaper, games, dan utilities

Harry Sverdlove, Chief Technology Officer dari Bit9 mengatakan:

A significant percentage of Google Play apps have access to potentially sensitive and confidential information.

Sebuah persentase yang signifikan dari aplikasi Google Play memiliki akses ke informasi yang berpotensi sensitif dan rahasia.

Ia menambahkan:

Likewise, more than a quarter of the apps can access email and contacts unbeknown to the phone user, which is of great concern when these devices are used in the workplace.

Demikian juga, lebih dari seperempat dari aplikasi dapat mengakses email dan kontak tanpa diketahui pengguna ponsel, sehingga menjadi perhatian besar ketika perangkat ini digunakan di tempat kerja.

Untuk lebih jelasnya simak infografis berikut ini.

Jika Anda adalah pengguna Android, sebaiknya baca baik-baik hak akses yang diminta pada smartphone dari sebuah aplikasi ketika hendak di-instal ke dalam smartphone Anda. Misalnya, Anda harus curiga apabila sebuah aplikasi ‘Stopwatch’ meminta hak akses kontak atau email anda.

Referensi: androidtaskforce.com, bit9.com.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.