Jalan Raya Glow-in-the-Dark Belanda di Implementasikan Tahun 2013

Glowing Roads #1

Proyek besar menanti Belanda, sebuah konsep desain smart-road akan diimplementasikan di Belanda pada pertengahan tahun 2013 yang akan dilengkapi oleh aspal glow-in-the-dark dan indikator cuaca. WOW!

Konsep desain smart-road ini di desain oleh Studio Roosegaarde dan infrastruktur oleh kelompok manajemen Heijmans, telah memenangkan Best Future Concept dalam acara Dutch Design Awards, saat ini telah menjadi konsep yang murni.

Studio Roosegaarde telah mengembangkan sebuah bubuk photo-luminising yang akan digunakan sebagai pengganti marka jalan. Bubuk ini tidak akan menggunakan listrik, melainkan akan mendapatkan energi dari sinar matahari, energi dari sinar matahari tersebut mampu memberi tenaga sampai dengan 10 jam pada saat malam.

Dijelaskan oleh seorang desainer dari Studio Roosegaarde:

It’s like the glow in the dark paint you and I had when we were children. But we teamed up with a paint manufacturer and pushed the development. Now, it’s almost radioactive.

Ini seperti cahaya di cat warna gelap Anda dan saya punya ketika kami masih anak-anak. Tetapi kami bekerja sama dengan produsen cat dan mendorong pengembangannya. Sekarang, hampir radioaktif.

Cat khusus juga akan digunakan untuk menarik kepingan salju di jalan. Kepingan salju hanya akan menjadi terlihat ketika suhu mencapai suatu titik tertentu, guna menunjukkan kepada pengendara bahwa permukaan kemungkinan licin.

Dalam lima tahun ke depan, Belanda juga berharap untuk menambahkan lampu interaktif di sepanjang rute jalan raya yang menyala ketika mobil melewati lampu tersebut dan energi dihasilkan melalui angin.

Daan Roosergade, sang perancang konsep, mengatakan ia sudah merasa sekarang saatnya untuk jalan menjadi ‘pintar’ dan berguna bagi pengguna jalan, khususnya dalam memberi informasi. Ia juga berharap untuk bisa menerapkan jalan tol glow-in-the-dark di Amerika Serikat, terutama di pesisir barat.

Roosergade mengatakan kepada Wired.co.uk:

One day I was sitting in my car in the Netherlands, and I was amazed by these roads we spend millions on but no one seems to care what they look like and how they behave. I started imagining this Route 66 of the future where technology jumps out of the computer screen and becomes part of us.

Suatu hari di Belanda saya duduk di mobil, dan saya terkesima dengan jalan ini kita menghabiskan jutaan tapi tak seorang pun tampak peduli dengan apa yang mereka lihat dan bagaimana mereka berperilaku. Aku mulai membayangkan  masa depan Route 66 di mana teknologi dari layar komputer keluar dan menjadi bagian dari kita.

Desain baru ini hadir bersamaan pada saat pihak berwenang UK telah memutuskan untuk mematikan lampu dim di jalan raya, jalan-jalan perumahan, dan jalan untuk pejalan kaki pada jam 9.00 malam dalam rangka untuk menghemat uang. Teknologi ini akan mulai diimplementasikan di provinsi Brabant.

Nampaknya Indonesia akan semakin tertinggal jauh. Bagaimana menurut Anda?

Referensi: wired.com, wired.co.uk

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.