IDC: Pangsa Pasar Android 75 Persen, iOS Peringkat Kedua

Android Activation


IDC baru saja merilis analisis pasar smartphone pada kuartal ketiga tahun 2012 ini. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa tiga dari empat smartphone yang terjual pada kuartal ketiga menggunakan sistem operasi Android, diikuti oleh iOS, dan BlackBerry.

“Android has been one of the primary growth engines of the smartphone market since it was launched in 2008. In every year since then, Android has effectively outpaced the market and taken market share from the competition. In addition, the combination of smartphone vendors, mobile operators, and end-users who have embraced Android has driven shipment volumes higher. Even today, more vendors are introducing their first Android-powered smartphones to market.” – Ramon Llamas, research manager, Mobile Phones, at IDC.

“Android adalah salah satu dari pendorong penjualan smartphone sejak diluncurkan pada 2008. Android pun mengalami perkembangan setiap tahunnya, dan berhasil merebut pangsa pasar dari sistem operasi lain. Bahkan, kombinasi dari banyaknya vendor, operator, dan pengguna yang sangat mencintai Android semakin meningkatkan penjualannya. Bahkan hari ini semakin banyak vendor yang memperkenalkan smartphone Android mereka yang pertama kali.” – Ramon Llamas, manajer riset bidang mobile phones di IDC.

Android kembali mematahkan rekor penjualan dengan menjual 136 juta unit dalam satu kuartal. Sebagai perbandingan, dalam kuartal sebelumnya, smartphone berbasis Android ‘hanya’ terjual 100 juta unit. Penjualan smartphone berbasis Android untuk saat masih didominasi oleh Samsung dengan Samsung Galaxy S III dan Samsung Galaxy Note II yang penjualannya sangat baik.

iOS berada di posisi kedua dengan 14,9% penjualan, cukup jauh di bawah Android. Smartphone iPhone 5 baru saja diperkenalkan oleh Apple beberapa minggu yang lalu, dan memiliki penjualan yang sangat baik, lebih tinggi daripada penjualan Samsung Galaxy Note II. Tetapi karena iOS hanya tersedia eksklusif untuk perangkat Apple, tidak seperti Android yang tersedia untuk semua vendor, maka pangsa pasar sistem operasi ini pun tidak terlalu tinggi.

BlackBerry kembali mengalami penurunan. Dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2011 saat mereka berhasil menjual 11,8 juta smartphone (9,5% penjualan), tahun ini mereka hanya mampu menjual 7,7 juta smartphone (4,3%). Memang apabila dilihat dari sisi platform, perangkat BlackBerry sudah terlihat mulai membosankan, karena aplikasi di platform mereka masih sangat sedikit. Bahkan, sudah ada beberapa perusahaan yang meninggalkan BlackBerry, padahal fitur-fitur BlackBerry kebanyakan ditujukan untuk pengguna enterprise.

Symbian merupakan platform dengan penurunan paling tajam dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya, yaitu mencapai 77,3%. Kalau dilihat memang sekarang ini kita sudah cukup jarang melihat orang membeli smartphone berbasis Symbian, karena fiturnya yang ala kadarnya. Symbian sendiri sekarang seringkali dipasang di feature phone.

Windows Phone adalah sebuah platform yang cukup menjanjikan, apalagi dengan diluncurkannya Windows Phone 8 beberapa hari lalu. Penjualan Windows Phone pun mengalami kenaikan walaupun tidak terlalu signifikan, yaitu dari 1,2% pada kuartal ketiga tahun 2011 menjadi 2,0% pada kuartal ketiga tahun 2012.

Linux juga mengalami penurunan. Samsung merupakan vendor dengan penjualan paling tinggi di sistem operasi Linux, tetapi karena Samsung sendiri lebih berfokus pada sistem operasi Android, maka penjualan Linux ini tidak bisa dibilang bagus.

 

Top Six Smartphone Mobile Operating Systems, Shipments, and Market Share, Q3 2012 (Preliminary) (Units in Millions) 

Source: IDC Worldwide Mobile Phone Tracker, November 1, 2012
Note: Data are preliminary and subject to change. Vendor shipments are branded shipments and exclude OEM sales for all vendors.

 

Berikut adalah grafik perkembangan penjualan smartphone pada lima kuartal terakhir:

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.