Selengkapnya Mengenai Windows Phone 8

Windows Phone 8

Microsoft baru saja meluncurkan kelanjutan dari sistem operasi Windows yang dikhususkan untuk smartphone, Windows Phone 8. Mengusung berbagai jenis fitur baru, apakah Windows 8 ini cocok untuk Anda? Mari kita bahas fitur-fitur serta smartphone-smartphone terbaru yang menggunakan Windows Phone 8!

“Pengalaman berponsel yang sangat Personal.” Kalimat tersebut sering dipakai oleh para petinggi Microsoft untuk menggambarkan bahwa Windows Phone 8 membuat ponsel Anda sangat personal, dengan mengedepankan hal-hal yang Anda minati, dan juga orang-orang yang paling dekat dengan Anda. Semua informasi tersebut ditampilkan dengan cantik di interface berbentuk live tiles yang sederhana tetapi cantik.

Sebagai bagian dari peluncuran tersebut, Microsoft memperkenalkan berbagai fitur baru, seperti Kid’s Corner, Rooms, dan Data Sense, di samping perkenalan smartphone baru dari berbagai vendor seperti Nokia, Samsung, dan HTC.

Fitur baru apa sajakah yang terdapat di Windows Phone 8? Mari kita bahas satu persatu!

  • Live Apps 
    Windows Phone 8 memiliki fitur Live Apps, yang memungkinkan aplikasi yang ada menampilkan data langsung di start screen. Contohnya adalah deal of the day dari Groupon, informasi penerbangan, maupun informasi berita.
  • Top Apps
    Saat ini tercatat ada 120.000 aplikasi yang ada di Windows Phone Store, dan bertambah ratusan buah setiap hari. Berbagai aplikasi-aplikasi populer pun sudah masuk ke platform ini. Microsoft juga mengumumkan bahwa Pandora, layanan internet radio, sedang mengembangkan aplikasi untuk Windows Phone dan ditargetkan akan diluncurkan pada awal 2013, dengan satu tahun layanan bebas iklan.
  • Kid’s Corner 
    Pernah ingin meminjamkan smartphone ke anak ataupun teman, tetapi takut data-data pribadi di smartphone Anda terlihat oleh mereka? Dengan menggunakan fitur Kid’s Corner, Anda dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh orang tersebut, setelah Anda melakukan setup yang sangat mudah. Kini Anda dapat meminjamkan smartphone Anda tanpa perlu takut nomor atasan Anda terhapus secara tidak sengaja oleh anak Anda!
  • Rooms
    Terkadang Anda ingin berbagi dengan orang-orang tertentu saja, tidak dengan seluruh dunia. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat membuat grup bersifat privat antara orang-orang yang menggunakan Windows Phone 8, dan Anda pun dapat berhubungan dengan mudah dengan mereka. Anda dapat melakukan chatting maupun berbagi kalender, daftar belanja, atau foto!
  • Data Sense
    Smartphone Anda memakan kuota internet sangat banyak? Dengan menggunakan fitur Data Sense di Windows Phone 8, Anda akan menggunakan kuota internet dengan lebih hemat, karena data-data dari internet akan dikompresi terlebih dahulu sebelum masuk ke smartphone Anda. Data Sense juga akan menampilkan berapa banyak data yang dipakai oleh setiap aplikasi. Untuk saat ini fitur ini baru akan berjalan di jaringan Verizon di Amerika Serikat.
  • Wallet dengan Near Field Communication (NFC) 
    Apabila Anda memiliki smartphone Windows Phone 8 yang memiliki teknologi NFC, Anda dapat menggunakan smartphone tersebut sebagai dompet digital Anda. Wallet juga akan dapat menyimpan data kartu debit, kretid, maupun kartu member Anda di dalam smartphone Anda.
  • Premium Skype Experience
    Pernah membayangkan memiliki smartphone yang menggunakan Skype yang begitu terintegrasi sehingga terasa seperti sedang melakukan panggilan telepon biasa? Windows Phone 8 bisa!

Selain fitur-fitur di atas, Microsoft juga mengumumkan vendor-vendor yang sudah membuat smartphone berbasis Windows Phone 8, yaitu Nokia, HTC dan Samsung. Setiap merek memiliki keunggulannya masing-masing, dengan ukuran layar, kualitas kamera, dan kekutan prosesor yang berbeda-beda. Kebanyakan dari Windows Phone 8 memiliki warna yang ngejreng, jadi kalau Anda bosan dengan warna yang itu-itu saja, hal ini bisa jadi bahan pertimbangan!

  • Nokia
    Lumia 920 merupakan jagoan Nokia di dunia Windows Phone 8. Mengusung kamera dengan kualitas gambar yang sangat baik dan fitur Optical Image Stabilization dalam merekam video, yang sudah terbukti sangat baik dalam mengurangi getaran saat merekam video. Selain Lumia 920, Nokia juga memiliki Lumia 822, 820, dan 810 yang memiliki layar dengan teknologi ClearBlack dan casing belakang yang bisa diganti-ganti. Oh iya, Lumia 920 dan 820 juga memiliki fitur wireless charging!
  • HTC
    HTC punya 8X, smartphone super berwarna ngejreng. Kamera 8 megapiksel yang digunakan memiliki teknologi merekam video 1080p, lengkap dengan wide angle lens. HTC juga memiliki 8S, adik dari 8X yang tidak kalah kerennya. Selain itu, 8X dan 8S memiliki teknologi musik Beats Audio!
  • Samsung
    Di platform Windows Phone 8, Samsung mengunggulkan Samsung ATIV S, yang memiliki layar paling besar seantero Windows Phone 8. Dengan layar berukuran 4,8 inci, ATIV S memiliki baterai yang sangat besar, dan juga casing aluminium yang berkelas.

Sudah cukup tergiur? Tunggu saja tanggal mainnya sampai Windows Phone 8 secara resmi masuk ke Indonesia!

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.