Google Translate Semakin Pintar

Anda pernah mengalami hal yang cukup menyebalkan ketika anda menggunakan Google Translate dalam menerjemahkan suatu kata atau mungkin suatu kalimat (atau mungkin suatu dokumen)? Google mengatakan bahwa Google Translate sudah semakin pintar saat ini.

Saya sendiri sering menggunakan Google Translate dalam beberapa minggu terakhir ini karena adanya pekerjaan saya dalam sebuah proyek pembuatan website dalam dua bahasa, dan dalam pada saya menggunakannya saya merasakan bahwa Google Translate semakin bertambah pintar.

Google sendiri mengatakan dalam blognya bahwa Google Translate semakin bertambah pintar. Ada fitur-fitur baru yang ditambahkan ke dalam Google Translate. Fitur-fitur tersebut antara lain:

Reverse Translations

Para pengguna Google Translate mengatakan (kepada Google) bahwa mereka memeriksa apakah terjemahan dari Google Translate benar-benar tepat atau tidak dengan menerjemahkannya kembali ke dalam bahasa asli mereka.

Contoh: jika anda menerjamahkan kata ‘kerja sama’ dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, Google Translate menghasilkan ‘cooperation’, sering kali untuk lebih meyakinkan diri mereka sendiri, para pengguna mencoba menerjemahkan secara terbalik, yaitu kata ‘cooperation’ dari bahasa Inggris diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Jika hasilnya sama, maka para pengguna mengasumsikannya jawaban Google Translate sudah tepat.

Frequencies

Frekuensi digunakan untuk mengatur jawaban atau arti kata yang muncul dari hasil terjemahan di Google Translate. Frekuensi ini didapat berdasarkan kata/kalimat yang diterjemahkan tersebut sifatnya adalah kata/kalimat yang umum atau jarang atau sangat jarang.

Bagaimana Google Translate mengetahui bahwa kata/kalimat ini umum/jarang/sangat jarang?

Google Translate menggunakan sebuah algoritma khusus dengan menghitung seberapa sering kata/kalimat tersebut digunakan oleh orang-orang untuk melakukan penerjemahan di Google Translate. Kata yang sangat jarang muncul akan secara default disembunyikan oleh Google, tetapi anda tetap bisa memunculkan hanya dengan sebuah klik.

Synonims

Dalam sebuah bahasa biasanya ada banyak kata/kalimat yang berbeda-beda namun memiliki makna atau arti yang berbeda. Fitur sinonim di Google Translate akan secara langsung muncul bersama-sama, sehingga anda bisa melihat kata-kata yang memilik arti atau makna serupa.

Tetapi untuk saat ini, fitur Synonims hanya dapat digunakan dalam bahasa Inggris, Google berjanji akan segera mendukung bahasa-bahasa lainnya.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.