Tampak Aplikasi Wikipedia di Windows 8

Wikipedia Logo 550px

Seiring diluncurkannya OS Windows terbaru, yaitu Windows 8 beberapa hari yang lalu, banyak yang ingin mengembangkan aplikasi ataupun website mereka supaya tampil lebih baik di Windows 8. Salah satu website tersebut yaitu Wikipedia yang pernah dibuka oleh semua pengguna internet. Bagaimana tampak Wikipedia di Windows 8?

Microsoft pantas berbangga hati karena banyak yang ingin mengembangkan aplikasi atau website mereka ke dalam platform baru Windows 8 ini. Wikipedia adalah website yang pertama kali mengeluarkan versi aplikasinya di Windows 8. Wikipedia juga pernah meluncurkan aplikasinya untuk Android. Wikipedia kemudian dengan senang hati mengumumkan aplikasi pertama mereka untuk Windows 8.

“While Internet Explorer 10 works wonderfully with Wikipedia as a regular web site, we wanted to provide a nicely integrated Wikipedia experience for Windows 8/RT users as well, and are proud to announce that our official Wikipedia app is available for free download in the Windows Store.” 

“Saat Internet Explorer 10 bekerja sangat baik dengan Wikipedia sebagai website reguler, kami ingin menyediakan pengalaman Wikipedia yang terintegrasi dengan para pengguna Windows 8/RT dengan baik, dan kami bangga mengumumkan bahwa Wikipedia dengan resmi tersedia untuk didownload gratis di Windows Store.”

Halaman depan Wikipedia menunjukkan gambar-gambar kecil dalam kolom. Dengan gambar-gambar ini, pengguna Wikipedia di Windows 8 dapat dengan mudah memilih artikel yang akan dibaca. Sederhana dan cocok dengan Windows 8.

Kemudian masuk ke halaman artikel, susunan teks dibuat dengan tampilan kolom menyamping ke kanan. Kotak info atau kotak yang berisi poin isi artikel bahkan tidak ditampilkan agar tampilan lebih rapi. Susunan desain teks dan foto ini sangat cocok dibaca di tablet untuk OS Windows 8.

Aplikasi Wikipedia di Windows 8 ini juga terhubung dengan Windows 8 Search, yang tentu bisa digunakan untuk mencari artikel sekaligus mengakses aplikasi lain. Fitur lain yang ada di Wikipedia baru versi Windows 8 adalah fitur sharing dan snap. Sharing tentu adalah fitur untuk sharing artikel Wikipedia dalam bentuk link ke email maupun social media. Sedangkan fitur Snap adalah untuk mengecilkan aplikasi sewaktu tidak digunakan. Satu hal lagi, Wikipedia untuk Windows 8 juga merupakan aplikasi open source.

 

Sumber : blog.wikimedia.org

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.