Apa yang Baru di Android 4.2?

Jelly Bean

Satu jam yang lalu Google merilis Android 4.2, yang ternyata masih menggunakan nama Jelly Bean. Menggunakan interface yang masih cukup sama dengan Android 4.1, Android 4.2 memiliki beberapa fitur tambahan. Sudah siap?

Photo Sphere

Dengan Android 4.2, Anda dapat memoto sekitar Anda, atas, bawah, kanan, kiri. Setelah itu aplikasi ini akan men-‘jahit’-kannya untuk Anda menjadi sebuah satu kesatuan. Panoramic photo terlihat seperti ketinggalan zaman!

Untuk lebih jelasnya silakan simak video di bawah ini:

Gesture Typing

Dengan menggunakan gesture typing, Anda dapat menuliskan sesuatu di perangkat Anda dengan cara memyapukan jari-jari Anda di atas tombol, tanpa perlu menyentuhnya satu persatu. Aplikasi keyboard kemudian akan memprediksi kata apa yang hendak Anda ketikkan.

Di sisi lain, voice to speech di Android 4.2 juga mengalami peningkatan, dengan diperbaruinya kamus Google yang mendukung aplikasi tersebut. Kini kamus tersebut lebih pintar, dan lebih akurat.

Multiple User

Pernah ingin meminjamkan tablet Anda ke orang tetapi takut orang tersebut membuka data pribadi Anda? Kini Android menyediakan fitur multiple user, yang memungkinkan Anda untuk mengatur user baru dan juga hak aksesnya, sehingga apabila tablet Anda sedang berada di tangan orang lain, orang tersebut dapat menggunakan hak akses user baru tersebut, dan data pribadi Anda aman!

Wireless Display

Dengan Android 4.2, Anda dapat berbagi konten yang ada di perangkat Anda dengan televisi nirkabel yang mendukung!

Sudah tidak sabar mendapatkan Android 4.2? Google belum menyebutkan kapan akan merilisnya, jadi bersiap-siaplah, apalagi untuk Anda yang memiliki perangkat Nexus, Anda pasti akan mendapatkannya pertama kali!

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.