LG Mulai Menjual TV Ultra HD

LG Ultra HD

LG akhirnya menjadi vendor kedua setelah Sony yang menjual televisi beresolusi Ultra HD, atau 3840 x 2160 piksel, berukuran 84 inci. Berukuran sangat besar, apakah televisi ini cocok untuk dipasang di ruang tamu Anda?


Beberapa hari yang lalu LG mengadakan event peluncuran televisi ini di California. televisi ini merupakan televisi Ultra HD pertama yang dipasarkan LG, dan merupakan televisi Ultra HD kedua di pasaran, setelah Sony.

Televisi ini memiliki resolusi 3849 x 2169 piksel, atau empat kali lipat resolusi televisi 1080p Full HD yang marak di pasaran. Memiliki ukuran layar 84 inci, televisi ini dibanderol dengan harga $19.999 (Rp 192 juta), hampir setara dengan sebuah mobil. Wow!

Televisi LG Ultra HD ini juga memiliki sistem gesture dan “Magic remote” yang terdapat di beberapa televisi LG lainnya. Konsumen dapat melakukan gesture dengan menggunakan remote yang ada untuk dapat berinteraksi dengan televisi ini. Selain itu, ada juga fitur voice commands yang memungkinkan pengguna bernavigasi hanya dengan menggunakan suara.

Dikarenakan konten yang memiliki resolusi tinggi masih sangat jarang, televisi ini memiliki fitur “Resolution Upscaler Plus” yang memungkinkan konten 1080p di-convert menjadi Ultra HD.

Sementara port input dan output dari televisi ini juga sangat beragam. Di samping empat port HDMI, televisi ini juga memiliki tiga USB 2.0, port antena/kabel, port composite audio/video, port LAN, port RGB PC, dan port input audio PC.

Televisi Ultra HD memang masih sangat jarang di pasaran. Selain buatan LG ini, baru ada buatan Sony, yang sama-sama memiliki resolusi 84 inci, tetapi memiliki harga lebih mahal, yaitu $ 24.999 (Rp 240 juta). Tentunya ke depannya harga televisi berlayar Ultra HD akan semakin turun, jadi apabila Anda menginginkan televisi ini tetapi sayang mengeluarkan uang 192 juta untuk memilikinya, Anda dapat menunggu harganya turun dalam beberapa bulan.

Bagaimana, tertarik memilikinya?

Referensi: lg.com
fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.