Ini Dia Perbedaan Windows 8 & Windows 7

Windows 8 Windows 7

Windows 8 secara total merupakan versi paling baru dari Windows. Dengan tampilan serba baru, Windows 8 siap digunakan untuk tablet maupun PC layar sentuh. PC yang tidak layar mempunyai layar sentuh pun masih bisa menggunakan Windows 8, bahkan diharapkan oleh para pengguna setia OS Windows. Windows 7 waktu lalu merupakan salah satu produk besar dari Microsoft juga yang menggantikan Windows Vista bermasalah. Nah, apa saja perbedaan Windows 8 terbaru dengan Windows 7  ?

1. Windows 8 menunjang layar sentuh

Windows 8 sangat mendukung perangkat layar sentuh, baik untuk tablet maupun PC. Windows 7 sebenarnya juga bisa mendukung perangkat layar sentuh, tapi tentu saja tidak cukup bagus. Tampilan layar Menu Awal atau Start Screen dibuat khusus supaya lebih mudah digunakan untuk perangkat layar sentuh. Menu dengan display tiles lebih mudah dan lebih cepat digunakan. Walaupun tidak punya PC dengan kemampuan layar sentuh atau touchscreen, Windows 8 masih bisa dijalankan dengan baik. Toh, masih ada trackpad atau mouse sentuh.

2. Windows 8 Start Screen

Kalau di Windows 7 ada lambang Windows untuk menjalankan Start, sekarang di Windows 8 lambang lingkaran Windows tidak berfungsi menjalankan Start lagi. Windows 8 mengubah lambang lingkaran Windows menjadi satu layar Start yang berisi semua menu dan aplikasi. Jadi, setelah muncul layar biasa sesudah membuka file, lambang lingkaran di sebelah kiri bawah digunakan untuk kembali ke layar Start Screen.

3. Windows Store

Windows Store dibuat oleh Microsoft ditujukan untuk menawarkan aplikasi-aplikasi desktop dengan desain UI yang modern. Tentu aplikasi ini ada yang gratis dan ada yang berbayar. Kabar baiknya, jika aplikasi memerlukan update-an terbaru, update-an tersebut dapat dengan mudah di-download, sama seperti iOS dan Android.

4. Windows 8 Search & Social

Karena menu Start sudah hilang, tentu fungsi Search sangat diperlukan. Ingin mencari file atau program, tinggal ketik dan hasilnya akan muncul di Start Screen. Selain fungsi Search, Windows 8 juga mendukung social media. Dengan Windows 8 lebih mudah terhubung ke Facebook, Twitter, LinkedIn atau social media lainnya.

5. Windows 8 Cloud Integration

Windows 8 sekarang mendukung sinkronisasi data lewat SkyDrive. Ada aplikasi SkyDrive yang bisa menyimpan data dari dan ke penyimpanan cloud storage. Microsoft Office 2013 juga mendukung SkyDrive. Foto-foto yang ada di dalam PC juga bisa dishare ke berbagai PC lewat cloud storage ini.

 

Sumber : windows.microsoft.com

Sumber gambar: pcmag.com, laptopmag.com.

fold-left fold-right
About the author
Marchella Loofis - Mahasiswa Jurusan Sastra China Binus University yang cinta blogging, musik, film, dan gadget. Ia adalah seorang penulis di Techrity. Kenal lebih lanjut lewat Twitter , blog pribadi, dan email.