Event Apple 23 Oktober: MacBook Pro 13″ Retina, Mac Mini, iMac, iPad 4th Gen, iPad Mini

iPad Mini

Wow. Itu tadi merupakan salah satu event Apple dengan pengenalan produk terbanyak yang pernah saya tonton. Dalam kurang lebih satu jam saja, Apple memperkenalkan banyak produk sekaligus, mulai dari MacBook Pro 13 inci Retina, Mac Mini, iMac, iPad 4th gen, sampai yang paling ditunggu-tunggu… iPad Mini!

Jadi, bagaimana saja spesifikasi serta bentuk dari semua gadget terbaru tersebut? Akankah Apple terus mendominasi dunia gadget dengan lineup terbaru mereka ini? Mari kita simak bersama..

MacBook Pro 13″ Retina Display

Apple mengawalinya dengan memperkenalkan MacBook Pro 13″ yang tidak memiliki DVD drive dan lebih tipis dari MacBook Pro 13″ biasanya. Ya, itu adalah MacBook Pro 13″ Retina Display. MacBook ini 1/5 lebih tipis dibandingkan dengan MacBook Pro 13″, dan memiliki layar dengan resolusi 2560×1600, atau 4x lebih tajam daripada layar MacBook Pro 13″ biasa.

Versi terendah MacBook Pro 13″ Retina Display memiliki prosesor 2,5 GHz dual core i5, 8GB RAM, dan Flash Storage sebesar 128GB, yang dibanderol seharga $1699.

Mac Mini

Tidak mendapatkan banyak perubahan di sisi luar, Mac Mini, komputer mini keluaran Apple yang hanya berisikan CPU tanpa keyboard, mouse, maupun layar, mendapatkan pembaruan besar secara internal.

Mac Mini versi terbaru akan menggunakan 2,5 GHz dual core i5, dengan RAM sebesar 4GB dan HDD sebesar 500GB, dengan harga $599, sebuah harga yang cukup murah untuk sebuah Macintosh!

iMac

iMac juga ternyata mendapat pembaruan!

Pembaruan dari iMac juga ternyata tidak main-main, bahkan bisa dibilang iMac adalah salah satu pencuri perhatian di event Apple kali ini, terbukti pada saat pertama kali dikeluarkan, orang-orang langsung terkagum-kagum atas bagaimana tipisnya komputer desktop keluaran Apple tersebut.

Memiliki pinggiran yang hanya setebal 5 mm, iMac kali ini lebih tipis 80% dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Di bagian belakangnya terdapat empat port USB 3.0, dan 2 Thunderbolt port, serta Gigabit Ethernet port.

Dan… iMac menggunakan Fusion Drive. Apa itu?

Fusion Drive adalah teknologi yang menggabungkan harddisk (HDD) dengan flash memory (SSD). Seperti kita ketahui, HDD memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat luas, sedangkan SSD memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi tapi masih sangat mahal. Fusion Drive adalah perangkat yang merupakan gabungan dari keduanya.

Perangkat pintar ini tahu aplikasi apa yang sering Anda gunakan, dan memindahkan aplikasi tersebut ke dalam SSD. Oleh sebab itu, aplikasi tersebut akan menjadi lebih ringan saat dibuka. Fusion Drive yang dibicarakan oleh Apple merupakan gabungan dari SSD 128GB dan hard disk berukuran 1TB atau 3TB.

Jadi, berapakah harga iMac terbaru?

Anda bisa mendapatkannya seharga $1299, untuk iMac berukuran 21,5 inci dengan prosesor i5 2,7 GHz quad core, 8GB RAM, GeForce GT 640M, dan 1TB HDD.

Sedangkan untuk versi yang lebih tinggi, yaitu 27 inci, berisikan prosesor i5 quad core 2.9 GHz, 8GB RAM, GeForce GTx 660M, dan menggunakan hard disk 1TB, seharga $1799.

iPad 4th Gen

Secara mengejutkan, Apple memperkenalkan iPad generasi keempat di acara ini. Semua rumor akhir-akhir ini hanya berfokus pada iPad Mini, dan tidak ada yang meramalkan bahwa iPad 4th gen akan muncul hari ini.

iPad 4th Gen ini menggunakan prosesor terbaru Apple, A6X, yang disebut memiliki kekuatan grafik sampai dengan dua kali lipat dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya, dengan tetap mempertahankan daya tahan baterai yaitu 10 jam.

iPad generasi keempat akan mulai dijual dengan harga yang sama seperti iPad generasi ketiga, yaitu mulai dari $499 untuk tipe 16GB WiFi.

iPad Mini

Inilah yang ditunggu-tunggu: iPad Mini.

Tablet berukuran 7,9 inci dari Apple ini akhirnya menampakkan dirinya secara resmi. Memiliki ketebalan hanya 7,2 milimeter, iPad ini 1/4 lebih tipis daripada iPad generasi keempat. Bahkan Apple menyebutkan bahwa iPad mini ini lebih tipis daripada pensil. Wow!

iPad mini memiliki prosesor A5, setara dengan iPad 2. Di dalamnya juga terdapat kamera depan HD dan kamera belakang 5 megapiksel, yang setara dengan iPad generasi ketiga. Bisa dibilang iPad Mini merupakan perpaduan yang cantik antara iPad 2 dan iPad 3!

Soal harga, iPad mini akan mulai dijual dengan harga $329 untuk ukuran 16GB WiFi only.

Jadi, itu adalah seluruh jajaran produk yang Apple luncurkan pada malam hari ini. Untuk ketersediaan di Indonesia sendiri masih belum ada kepastian, tetapi melihat dari kebiasaan, maka MacBook Pro 13 inci Retina akan segera masuk ke pasar Indonesia dalam beberapa pekan, sementara iPad 4 dan iPad Mini masih harus menunggu waktu sampai bisa masuk ke pasar Indonesia, mungkin sampai 3-4 bulan, diakibatkan permintaan yang sangat tinggi di pasar-pasar luar Indonesia.

Jadi, sudah menyiapkan uang untuk membelinya? Saya belum.

 

Sumber gambar: theverge.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.