Event Apple, Akan Ada Apa Saja?

Pada 23 Oktober 2012 pukul 10.00 pagi waktu California, atau pukul 24.00 WIB, Apple akan mengadakan event yang diyakini berisi pengenalan beberapa gadget terbaru mereka. Berdasarkan beberapa rumor yang ada, kira-kira apa saja yang akan diperkenalkan Apple nanti malam?

Sudah menjadi kebiasaan Apple untuk memperkenalkan produk baru mereka melalui sebuah event, yang biasanya juga berisi laporan penjualan, penggunaan, keuangan, maupun capaian yang telah berhasil mereka raih. Tak terkecuali pada event kali ini, Apple disebut-sebut akan meluncurkan 2 gadget baru, yaitu iPad mini dan MacBook Pro Retina 13 inci, serta pembaruan di the new iPad, dan peluncuran iTunes 11. Mari kita lihat satu persatu.

iPad Mini

Tablet misterius buatan Apple ini sudah mengundang banyak sekali rumor sejak beberapa bulan yang lalu, bahkan Apple dikabarkan telah memesan 10 juta unit iPad mini untuk memenuhi permintaan pasar. Tablet berukuran 7,8 inci ini memiliki spesifikasi sedikit di bawah iPad, dan harganya pun lebih terjangkau.

MacBook Pro Retina 13 inci

Setelah kehadiran MacBook Pro Retina 15 inci pada WWDC bulan Juni 2012 yang lalu, banyak orang yang berspekulasi Apple akan meluncurkan versi lebih kecilnya, yaitu 13 inci. Tidak sedikit pula orang yang berharap hal tersebut akan menjadi kenyataan, karena 13 inci adalah ukuran yang pas untuk sebuah laptop, karena tidak terlalu kecil dan nyaman digunakan, tetapi di sisi lain juga masih cukup portable. Dan beberapa hari yang lalu, sepertinya keinginan mereka semua terwujud. MacBook Pro Retina 13 inci menampakkan diri.

Mirip dengan versi 13 incinya, MacBook Pro Retina 13 inci ini memiliki 2 port Thunderbolt, slot SDCard, HDMI, 2 USB 3.0, serta menggunakan MagSafe 2 sebagai media pengisian daya. Dan tentunya layar Retina Display dengan resolusi 2560 x 1600 piksel.

The new iPad yang baru

Ada beberapa sumber yang mengepos gambar iPad dengan sesuatu yang berbeda: iPad tersebut menggunakan port Lightning, bukan 30-pin seperti iPad pada umumnya. Entah hal ini benar atau tidak, kalau benar berarti Apple akan me-refresh iPad dan mengganti port 30-pin dengan port Lightning, tanpa mengubah spesifikasi internalnya.

iTunes 11

Sempat dibahas pada event WWDC bulan Juni lalu, Apple menyebutkan iTunes 11 akan diluncurkan pada Oktober ini. Melihat timing-nya sangat pas, bisa dipastikan iTunes 11 akan diluncurkan berbarengan dengan event ini. Jadi, siapkan bandwidth Anda!

iTunes 11 disebut-sebut merupakan iTunes yang dibuat ulang oleh Apple, bukan sekedar pembaruan. iTunes ini akan menampilkan desain yang berbeda total dengan iTunes sebelumnya, pengembangan dari fitur mini player, serta integrasi lebih dalam dengan iCloud. iTunes Store juga akan mengalami perubahan desain.

iMac? Mac Mini?

iMac dan Mac Mini sudah cukup lama tidak mendapatkan pembaruan. Tetapi jangan berharap iMac akan mendapatkan layar Retina Display, karena membuat layar Retina Display dengan ukuran 23 inci (atau bahkan 27 inci) dengan teknologi sekarang masih kurang memungkinkan, kalaupun mungkin, harganya masih akan sangat tinggi.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.