Sony Nexus Ternyata Hoax

Fake Sony Nexus

Beberapa hari yang lalu, kami sempat membuat artikel mengenai smartphone Nexus keluaran Sony. Terlihat meyakinkan, ternyata gambar-gambar tersebut adalah hoax, alias kabar tidak benar.

Jadi berita Hoax ini diawali oleh Ti Kawamoto, seorang grafik desainer yang penasaran apa yang akan dilakukan situs-situs berita teknologi apabila dihadapkan dengan sebuah foto perangkat Nexus keluaran Sony. Ia pun mendapatkan jawabannya: hampir semua situs teknologi membahas tentang hal tersebut, bahkan, menurut hasil pencarian di Google, ada 521 artikel membahas mengenai Sony Nexus X.

Kawamoto pun akhirnya mengaku bahwa ia adalah yang membuat kedua gambar tersebut. Untuk membuat gambar yang meyakinkan, ia tidak menggunakan Photoshop, tetapi menggunakan aplikasi 3D modeling. Setelah gambarnya cukup meyakinkan, ia menampilkan gambar tersebut di layar monitornya dan memotonya dengan Galaxy Nexus kepunyaannya, supaya data EXIF (data yang menempel pada foto digital) dapat lebih meyakinkan. Menurut catatan yang ia buat, ia membutuhkan waktu 7 jam 5 menit untuk melakukan itu semua.

Jadi, ternyata Sony tidak akan mengeluarkan Nexus, setidaknya dalam waktu dekat ini.

Timeline dari kejadian ini, mulai dari saat ia meng-upload sampai dengan saat para website teknologi mengambil datanya, dapat dilihat di timeline di bawah ini:

 

Sumber timeline: http://anatomyofahoax.tumblr.com/

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.