Robot yang Berjalan Seperti Laba-Laba dan Berguling Seperti Bola

MorpHex

Seorang konsultan berkewarganegaraan Norwegia bernama Kåre Halvorsen membuat sebuah robot yang sangat menarik. Robot tersebut dapat berjalan seperti layaknya seekor laba-laba, dan juga dapat berubah wujud menjadi menyerupai bola dan bergerak dengan cara bergelinding.

MorpHex, nama robot tersebut, merupakan robot berbentuk seperti bola yang terpecah menjadi 12 bagian. Bagian luar dari robot tersebut awalnya merupakan bola dunia yang dibeli oleh Kåre Halvorsen dari toko mainan Toys R Us, yang kemudian ia potong-potong sendiri. Di bagian dalamnya terdapat berbagai macam komponen robotik yang memungkinkan kedua belas bagian tadi dapat bergerak dan membentuk berbagai macam transformasi.

Robot ini telah dikembangkan oleh Kåre Halvorsen sejak November 2010, dan ia menyebutkan bahwa ide pembuatannya sendiri sudah ada jauh sebelum itu.

Penasaran seperti apa robotnya? Silakan tonton videonya di bawah ini.

Saat ini, Kåre Halvorsen merupakan seorang konsultan di Assistive Technology Centre for Rogaland, yang merupakan bagian dari Norwegian Welfare Service. Ia memiliki istri dan tiga orang anak, yang salah satunya muncul di akhir video di atas. Sejak kecil ia sangat tertarik dengan robot, baik itu robot biped, crawlers, robot arms, rovers, dan lain-lain. Selain MorpHex, ia juga sempat membuat PhantomX, robot berbentuk laba-laba yang bisa diprogram untuk menari, seperti di video di bawah ini:

Untuk dapat melihat hasil karyanya yang lain, silakan lihat blog buatannya di robot-kits.org.

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.