Android Dengan Layar E Ink

E Ink Android 1

Kalau Anda merasa bosan dengan teknologi layar AMOLED ataupun Super LCD yang menampilkan gambar yang berwarna-warni, mungkin Anda akan menyukai ini. Sebuah perusahaan bernama Onyx International sedang mengembangkan sebuah smartphone Android yang menggunakan layar e ink, jenis layar yang biasanya dipakai di ebook reader seperti Kindle.

Dikarenakan menggunakan layar e ink, smartphone satu ini tidak memiliki layar berwarna. Tetapi salah satu kelebihannya adalah Anda dapat menggunakannya di bawah sinar matahari, karena layarnya akan terlihat cerah seperti kertas, berbeda dengan layar-layar smartphone pada umumnya, yang apabila digunakan di bawah sinar matahari, maka akan menjadi sangat gelap dan tulisan/gambar yang ada menjadi cenderung tidak terlihat.

Sempat dibahas di dalam video di bawah ini, diketahui bahwa smartphone ini memiliki prosesor ARM Cortex A5, layar e ink, 3G, WiFi, dan memiliki berat yang sangat ringan, di bawah 100 gram. Smartphone ini belum diproduksi secara masal, bahkan masih dalam tahap prototipe. Mereka menjanjikan layar e ink di produk yang akan dipasarkan akan memiliki frame per second yang lebih tinggi daripada yang ada di dalam video ini.

Yang menarik adalah smartphone ini disebut-sebut memiliki daya tahan baterai yang sangat baik, yaitu sampai dengan satu minggu dengan pemakaian normal, berada jauh di atas rata-rata smartphone keluaran terbaru yang hanya bertahan maksimal dua-tiga hari dalam sekali pengisian ulang.

Jadi, bagaimana menurut Anda mengenai smartphone satu ini? Walaupun tidak akan menggantikan smartphone berlayar warna dalam hal multimedia, smartphone ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sering bepergian di luar ruangan dan hanya menggunakan smartphone untuk berkirim pesan, ataupun bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan data tahan baterai yang baik.

Referensi: youtube.com/user/Charbax
fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.