Ultra HD, Generasi Baru Televisi

Ultra HD TV

Consumer Electronics Association (CEA) baru saja meresmikan sebutan “Ultra High Definition” atau “Ultra HD” sebagai nama kategori produk televisi dengan resolusi 3840 piksel x 2160 piksel. Kategori ini tadinya disebut dengan televisi “4K”, tetapi supaya lebih ramah pengguna dan supaya mudah dibandingkan dengan nama “Full HD”, maka dipilihlah nama “Ultra HD” untuk menggantikannya.

Televisi beresolusi tinggi tersebut akan mulai menggantikan televisi-televisi dengan layar Full HD (1920 piksel x 1080 piksel), yang menurut Nielsen sudah dimiliki oleh 75% rumah tangga di Amerika Serikat.


Sony sendiri telah mempersiapkan diri untuk memproduksi dan memasarkan produk Ultra HD milik mereka, yang memiliki ukuran layar sangat besar, sampai dengan 84 inci. Hal tersebut kemungkinan juga akan diikuti oleh para vendor lainnya dalam waktu dekat.

Teknologi Ultra HD sendiri akan mulai gencar dipamerkan pada tahun 2013, di acara International Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, pada tanggal 8-11 Januari 2013 yang akan datang.

Sambil menunggu waktu peluncuran, mari mempersiapkan uang dan ruang untuk menaruhnya, karena layar berukuran 84 inci pasti akan memakan tempat yang cukup luas di ruang keluarga Anda!

 

Sumber gambar: imgtec.com, forbes.com

fold-left fold-right
About the author
Prayudi Satriyo Nugroho - Mahasiswa Sistem Informasi semester akhir yang terbiasa mengisi waktu luang dengan keluyuran di internet. Ia adalah founder dari Techrity yang dapat Anda hubungi melalui email maupun Twitter.